Candi Borobudur Buka Lebih Lama Selama Libur Lebaran 2024, Harga Tiket Naik

11 April 2024 16:04 WIB

Narasi TV

Pemandangan stupa dan arca Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (Sumber: Visit Indonesia)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Untuk memaksimalkan momen Lebaran 2024 kali ini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah menambah jam layanan lebih lama dari hari biasanya.

General Manager PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Unit Borobudur Jamaludin Mawardi mengatakan selama libur Lebaran 2024 pengunjung dapat menikmati candi Buddha terbesar di Indonesia tersebut lebih lama.

Jamaludin menjelaskan, pihak pengelola akan menerapkan penambahan jam operasional dengan membuka situs bersejarah tersebut lebih awal dan menutup lebih lama.

"Jadi lebih tepatnya selama ini wisatawan masuk ke zona 1, halaman candi baru jam 07.00 WIB, selama masa ramai dari tanggal 8-17 April 2024 itu bisa lebih awal setengah jam, tentunya jam 06.30 WIB sudah bisa naik ke halaman candi lalu tutupnya jam 17.30 WIB," terang Jamaludin, sebagaimana dikutip Antara.

Ia berharap perpanjangan waktu tersebut memberi kelonggaran pada wisatawan yang hendak memanfaatkan waktu libur lebaran di situs Buddha yang dibangun sekitar abad ketujuh tersebut. 

Jamaludin menyatakan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pada masa libur panjang seperti Lebaran, banyak wisatawan yang datang terlalu mepet dengan jadwal operasional sehingga tak dapat menikmati pemandangan 504 arca di dalam kompleks Borobudur.

"Mereka sedikit kecewa karena sudah jauh-jauh meluangkan waktu untuk datang tetapi tidak mendapatkan kesempatan," terangnya.

Tiket masuk Candi Borobudur naik

Jamaludin juga menambahkan jika selama libur lebaran, pihak pengelola Borobudur menaikkan tarif tiket masuk, baik untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara. 

Akan tetapi, kenaikan harga tiket tersebut hanya berlaku untuk tiket dengan akses naik ke struktur bangunan candi. 

Kenaikan ini tidak berlaku untuk tiket reguler dengan akses hanya sampai halaman candi, yang masih dipatok seharga Rp50 ribu per orangnya.

“Pada hari biasa, tiket naik ke bangunan Candi Borobudur Rp120 ribu untuk wisatawan domestik dewasa dan Rp75 ribu untuk anak. Kemudian Rp445 ribu untuk turis mancanegara dewasa dan Rp305 ribu,” jelasnya.

Untuk tahun ini, jelas Jamaludin, harga tiket ke bangunan candi bagi turis domestik dewasa menjadi Rp150 ribu dan untuk anak-anak menjadi Rp90 ribu. 

Sementara itu, tiket untuk turis mancanegara dewasa berubah menjadi Rp500 ribu dan turis mancanegara kategori anak-anak menjadi Rp350 ribu.

Pihak TWC Borobudur juga menyatakan akan menyuguhkan sejumlah hiburan selama musim libur Lebaran, seperti kesenian angklung, musik keroncong, pantomim, kesenian tradisional, wayang serangga, dan layanan green-tourism Edu-Kriya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR