Lebaran Tidak Mudik, Berikut Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Saat Lebaran 2024

10 April 2024 19:04 WIB

Narasi TV

Destinasi wisata Kota Tua, Jakarta. Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika Lebaran. (Sumber:ANTARA/Aji Cakti)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Lebaran Hari Raya Idulfitri identik dengan tradisi mudik, namun ada sebagian warga yang memilih untuk tidak mudik dan tetap berada di Jakarta, berikut adalah sejumlah tempat wisata di Jakarta yang tetap buka saat Lebaran 2024.

Orang yang memilih untuk tidak pulang, biasanya memilih untuk waktu libur dengan mengunjungi berbagai tempat wisata selepas bersilaturahmi ke sanak saudara. 

Berikut adalah ragam jenis tempat wisata yang dapat dikunjungi saat libur Lebaran 2024.

Tempat wisata Jakarta yang buka saat Lebaran

Lalu di mana saja tempat wisata yang masih tetap buka saat libur Lebaran 2024? Berikut adalah daftaranya.

1. Ancol

Ancol selalu menjadi tempat libur lebaran Jakarta populer bagi wisatawan yang berkunjung ke ibukota atau warga setempat yang tidak mudik.

Selain menawarkan keindahan pantai Jakarta, objek wisata yang terletak di Jakarta Utara itu memiliki beragam tempat rekreasi seperti Dunia Fantasi (Dufan), Seaworld Ancol, Jakarta Birdland, dan Atlantis Water Adventure Ancol.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Objek wisata yang masih buka saat lebaran selanjutnya adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di sini kamu akan memiliki pengalaman unik untuk mengenal kebudayaan dan kekayaan Indonesia.

Banyak aktivitas menarik yang bisa kamu ikuti, seperti Festival Pulang Kampung di Sasono Utomo, aktivasi budaya di Plaza Kori Agung, Taman Piknik di Plaza Lokomotif, juga Dunia Air Tawar, dan Aktivasi Museum di Plaza Kori Agung.

Tidak hanya itu, ada pula Parade Harmoni di area TMII, serta Dancing Fountain Tirta Cerita dan Tirta Renjana di Plaza Promenade.

3. Kebun Binatang Ragunan

Ragunan juga selalu jadi destinasi wisata Lebaran Jakarta paling favorit. Di sini, kamu dapat melihat berbagai jenis satwa dari seluruh dunia. Selain itu wisatawan juga bisa kuliner dan berpiknik bersama keluarga.

4. Monas

Monas atau Monumen Nasional adalah simbol kota Jakarta, selain itu juga menawarkan pemandangan kota Jakarta dari ketinggian, selain itu ada museum yang berisi sejarah Indonesia yang bisa kamu pelajari dan juga suara asli pidato Bung Karno saat membacakan teks proklamasi.

5. Kota Tua

Selanjutnya ada Kota Tua, di tempat ini kamu akan disuguhkan dengan bangunan arsitektur kolonial dan juga museum yang masih mempertahankan nilai-nilai sejarah kota Jakarta.

Terdapat beberapa museum yang bisa kamu kunjungi seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Bank Indonesia.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR