3 Cara Allah Mengabulkan Doa hambaNya, Pastikan Kita masuk dalam Daftarnya

2 Mei 2024 15:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang muslim berdoa dan berharap dikabulkan oleh Allah Swt. (Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Setiap hamba menginginkan agar Allah Swt. mengabulkan doanya. Dalam Islam, doa merupakan cara bagi manusia untuk berkomunikasi dengan Allah Swt. Yang Maha Pemurah.

Anjuran berdoa telah dijelaskan dalam firman Allah surah Al-Baqarah ayat 186 sebagai berikut:

 وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ 

Artinya, "Jika hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang-Ku, maka (jawablah), ‘Aku dekat. Aku akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa jika ia memohon kepada-Ku.'" (Q.S. Al-Baqarah: 186). 

Tak hanya dalam Al-Qur’an, Rasulullah saw. juga menerangkan keutamaan bedoa dalam hadisnya ketika Nabi saw. bersabda, “Ibadah yang paling utama adalah doa." (HR Al-Hakim)

Cara Allah mengabulkan doa hambaNya

Lantas, bagaimana cara Allah mengabulkan doa hamba-Nya? Mengutip dari NU Online, berikut beberapa cara Allah Swt. mengabulkan doa-doa umat Islam:

  1. Terkadang Allah mengabulkan segala doa hamba-Nya sesuai dengan harapan dan permohonan mereka. 
  2. Adakalanya Allah menunda pengabulan doa hamba-Nya sesuai dengan harapan dan permohonan mereka karena ada hikmah tertentu. 
  3. Terkadang juga Allah mengabulkan doa hamba-Nya dengan bentuk yang berbeda dari harapan dan permohonan mereka karena permintaan dan permohonan mereka tidak mengandung kemaslahatan yang bersifat kontan. Sedangkan pada gantinya terdapat kemaslahatan yang bersifat kontan. 

Syekh Ibnu Athaillah, dalam Kitab Al-Hikam, mengatakan hal serupa terkait cara dan waktu Allah mengabulkan permohonan para hamba-Nya. 

 لا يكُنْ تَأخُّرُ أَمَد العَطاء مَعَ الإلْحاح في الدّعَاءِ موجبَاً ليأسِك فهو ضَمِنَ لَكَ الإجابَةَ فيما يختارُهُ لكَ لا فيما تختاره لنَفْسكَ وفي الوقْتِ الذي يريدُ لا في الوقْت الذي تُريدُ  

Artinya, "Jangan sampai penundaan pengabulan doa yang disertai dengan keseriusan doa membuatmu putus asa. Allah telah menjamin ijabah-Nya pada sesuatu yang Dia pilihkan untukmu, bukan pada apa yang kau pilihkan untuk dirimu, dan pada waktu yang Dia kehendaki, bukan pada waktu yang kau inginkan." (Syekh Ibnu Athaillah, Al-Hikam). 

Dari penjelasan di atas, umat Islam dianjurkan agar memahami cara Allah mengabulkan permintaan kita dan tidak berputus asa dari rahmat-Nya.

Alasan dikabulkan doa

Selain cara Allah Swt. mengabulkan doa hambaNya, kita sebagai hamba juga harus memahami adab berdoa kepada Allah SWT. 

Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr lewat Fiqih Doa & Dzikir Jilid 1 menerangkan bahwa terdapat adab berdoa, termasuk sebab penghalangnya doa, hingga sebab dikabulkannya doa. 

Penjelasan tersebut didasarkan pada sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah.

Dalam hadis tersebut, Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda:

 إِنَّ اللهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لَا يَقْبَلُ إِلَّا طَيِّبًا، وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِيْنَ، فَقَالَ تَعَالَى : يَأَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَلِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ ، وَ قَالَ تَعَالَى: يَأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُلُوا مِن طَيِّبَتِ ما رَزَقْنٰكُمْ ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ، وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ، وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ، وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ، وَغُذِيَ بِالْحَرَامِ، فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ

Artinya: "Sesungguhnya Allah baik dan tidak menerima kecuali yang baik, sungguh Allah memerintahkan orang-orang beriman seperti apa yang Dia perintahkan kepada para utusan." Allah Swt. berfirman, 'Wahai sekalian Rasul, makanlah yang baik-baik dan kerjakanlah amal-amal sholeh, sungguh Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS Al-Mu'minun: 51)', dan firman-Nya, 'Wahai orang-orang beriman, makanlah yang baik-baik dari apa yang dianugerahkan kepada kamu, dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu benar- benar hanya kepada-Nya menyembah (QS Al-Baqarah: 172).”

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR