Ingin Memanjangkan Rambut dengan Cepat? Ikuti 9 Tips Berikut Ini!

16 Juli 2023 13:07 WIB

Narasi TV

Ilustrasi perempuan berambut panjang. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Memiliki rambut panjang, tebal, dan terawat adalah impian bagi sebagian orang, baik perempuan maupun laki-laki. Sayangnya, memanjangkan rambut tidak secepat yang dikira. Pasalnya, setiap bulan rambut hanya akan memanjang kurang lebih 2 cm saja. Lalu, bagaimana cara cepat memanjangkan rambut?

Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab mengapa rambut tak kunjung panjang meskipun sudah melakukan berbagai perawatan. Beberapa penyebabnya mulai dari proses kimia berlebihan, kurang protein, tidak menggunakan kondisioner, hingga kebiasaan yang merusak rambut.

Meski begitu, kamu juga perlu mengingat bahwa pertumbuhan rambut membutuhkan waktu yang lama. Menurut penelitian, rambut tumbuh rata-rata sekitar 15 cm setiap tahun. Belum lagi jumlah rambut yang hilang sekitar 50-100 helai setiap harinya.

Cara cepat memanjangkan rambut secara alami

Berikut ini cara cepat memanjangkan rambut dengan produk-produk alami:

  • Mengoleskan minyak esensial

Minyak esensial dapat digunakan untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Caranya dengan meneteskan minyak ke shampo, kemudian gunakan saat keramas. Hindari mengoleskan minyak esensial langsung ke kulit.

  • Menggunakan santan

Caranya adalah dengan memarut kelapa lebih dulu, kemudian peras hingga menjadi santan. Oleskan santan ke rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan shampo.

  • Menggunakan lidah buaya

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh batang rambut. Diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Menggunakan kemiri

Gunakan minyak kemiri sebagai masker rambut, bahan creambath, atau gunakan shampo yang mengandung kemiri. Kandungan kemiri memiliki zat asam, lemak, dan vitamin B yang baik untuk rambut.

Cara cepat memanjangkan rambut

Jika kamu tidak ingin extension rambut, kamu bisa melakukan cara cepat memanjangkan rambut seperti di bawah ini:

  • Pijat kulit kepala saat keramas

Rutin memijat kulit kepala dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Pasalnya, aliran darah ke kulit kepala akan mengalami peningkatan dan membantu menguatkan akar rambut. Selain itu, memijat kulit kepala juga mampu mengurangi kerontokan yang disebabkan oleh penipisan rambut.

  • Menjaga kelembaban kulit kepala

Menjaga kelembaban kulit sangat baik untuk memanjangkan rambut dan mengurangi kerontokan. Pastikan agar rambut dan kulit kepala tidak kering. Rambut kering ini disebabkan oleh kutikula yang terbuka sehingga menghilangkan kelembapan dan nutrisi di rambut.

  • Gunakan produk keratin

Keratin mampu mengatasi tekstur rambut yang kasar dan kering sekaligus memperkuat akar rambut untuk mencegah kerontokan. Kandungan keratin biasanya dikhususkan bagi rambut-rambut yang sering di-styling atau rambut rusak.

  • Sisir rambut dengan lembut

Hindari menyisir rambut yang kusut atau terlalu keras karena dapat membuat akar rambut lemah. Sisir rambut dengan perlahan dan lembut mulai dari tengah helai rambut hingga ke ujung.

  • Perhatikan bahan-bahan untuk menumbuhkan rambut

Sebelum memilih produk untuk membantu memanjangkan rambut, berikut bahan yang harus kamu perhatikan agar hasil lebih maksimal:

  1. Vitamin A: membentuk sebum untuk melembabkan kulit kepala dan rambut.
  2. Vitamin E: menutrisi kulit kepala dan melindungi kerusakan akibat matahari.
  3. Zinc: mencegah kerontokan rambut.
  4. Vitamin C: membentuk kolagen dan mencegah kerontokan rambut.
  5. Vitamin D: menjaga kesehatan folikel rambut, memaksimalkan pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan rambut
  6. Asam amino: memproduksi keratin untuk pertumbuhan rambut.
  7. Asam lemak Omega-3: memproduksi minyak alami pada rambut.
  8. Biotin: memperbaiki tekstur dan kekuatan rambut.

Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR