6 Cara Menghilangkan Kutu di Rambut, Cepat dan Mudah Dilakukan di Rumah

15 Juli 2023 12:07 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang mengalami masalah pada rambutnya. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kutu rambut merupakan salah satu masalah rambut yang cukup serius. Pasalnya, kutu rambut membuat gatal sehingga penderitanya memiliki kecenderungan untuk terus menggaruknya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kutu rambut?

Kutu rambut adalah serangga berwarna coklat atau keabuan-abuan sebesar biji stroberi. Kutu ini akan mengisap darah di kepala dengan cara menggigit. Gigitan inilah yang menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala bagi penderitanya.

Kutu rambut betina akan menghasilkan zat lengket untuk menempelkan telur ke dasar batang rambut. Biasanya kutu rambut betina akan bertelur sebanyak 6-10 butir dalam sehari. Telur tersebut dapat menetas dalam waktu 6-9 hari.

Cara menghilangkan kutu rambut

Berikut ini beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang dapat kamu terapkan jika sedang mengalaminya:

  • Gunakan sisir kutu

Sisir kutu atau serit ini memiliki bentuk gigi yang rapat, tipis, dan keras. Sebelum menggunakannya, basahi dulu rambutmu dan rapikan dengan sisir biasa. Gunakan sisir kutu sedekat mungkin dengan kulit kepala. Kemudian sisir dari akar hingga ujung rambut, lalu bersihkan sisir tersebut. Ulangi ke bagian rambut lainnya.

  • Gunakan shampo khusus anti kutu

Shampo khusus anti kutu ini mengandung permethrin, bahan pestisida aktif untuk membasmi kutu rambut. Gunakan shampo ini sesuai panduan yang tertera di kemasan shampo,.

  • Gunakan perasan lemon

Kandungan asam yang tinggi pada lemon dapat mengusir kutu rambut. Cara menggunakannya dengan peras 2 buah lemon, kemudian campurkan air perasan dengan 100 ml air. 

Oleskan air larutan tersebut ke kulit kepala dan rambut sambil dipijat selama 15 menit. Diamkan selama 45 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Gunakan masker rambut dari mayonaise

Mayonaise dapat mengatasi gatal di kulit kepala. Selain itu, asam lemaknya dapat menutup saluran napas kutu rambut.

Cara menggunakannya cukup dengan menggosokkan 5-7 sdm mayonaise pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama semalaman dengan menutupnya menggunakan shower cap. Esoknya barulah keramas dan bilas rambut sampai bersih.

  • Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat menghilangkan kutu rambut dengan cepat serta menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan 3 sdm minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Kemudian pijat pada kulit kepala dan rambut. Diamkan semalaman, kemudian bilas dengan air hangat dan shampo.

  • Gunakan air garam

Garam epsom dipercaya mampu membasmi kutu dengan cara mengeringkannya. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu perlu mencampurkan 3 sdm garam, 2 sdm cuka, dan 100 ml air. Masukkan larutan tersebut ke dalam botol spray, kemudian semprot ke rambut. Biarkan larutan meresap selama 2 jam, kemudian bilas hingga bersih.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan kutu rambut. Perlu diingat bahwa kutu rambut dapat menular, apalagi jika terjadi kontak antar rambut atau menggunakan alat yang sama dengan penderita. Oleh karena itu, hindari tidur sekamar dengan orang yang menderita kutu rambut atau meminjam alat-alatnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR