Ingin Cetak Rekening Koran? Pahami Langkah-langkahnya di Sini

28 Jun 2023 17:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pencetakan rekening koran. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara cetak rekening koran yang cepat dan mudah untuk dilakukan.

Namun, sebelum mengetahui langkah-langkah tersebut, setidaknya Anda perlu memahami apa itu sebenarnya rekening koran.

Rekening koran merupakan laporan atau ringkasan transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu rekening bank dalam periode waktu tertentu.

Biasanya, rekening koran mencakup detail tentang setoran, penarikan, transfer, pembayaran, bunga yang diterima atau dibayarkan, dan saldo akhir rekening pada akhir periode yang ditentukan.

Rekening koran dapat memberikan gambaran lengkap tentang aktivitas keuangan Anda dalam rekening bank Anda selama periode waktu tersebut.

Rekening koran ini dapat digunakan untuk memantau transaksi, melacak pengeluaran, memverifikasi pembayaran, dan menyediakan catatan keuangan yang penting.

Jika sudah mengetahui apa itu rekening koran, selanjutnya Anda akan diarahkan untuk mengetahui bagaimana cara cetak rekening koran. Berikut ini penjelasannya.

Cara cetak rekening koran

Untuk mencetak rekening koran, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs web atau aplikasi perbankan internet (M-Banking) yang Anda gunakan. Biasanya, setelah masuk ke akun Anda, akan muncul opsi untuk mengakses rekening koran atau laporan transaksi.
  2. Cari opsi "Rekening Koran" atau "Laporan Transaksi" di menu atau panel navigasi. Biasanya, ini akan ditemukan di bagian "Layanan" atau "Laporan" di antarmuka perbankan internet.
  3. Pilih periode waktu yang ingin Anda cetak rekening korannya. Anda biasanya dapat memilih antara pilihan seperti harian, bulanan, atau periode khusus lainnya.
  4. Setelah memilih periode waktu, ada opsi untuk melihat rekening koran secara online atau mengunduhnya dalam format file. Jika Anda ingin mencetaknya, pilih opsi untuk mengunduh file dalam format yang sesuai, misalnya PDF.
  5. Setelah file rekening koran Anda diunduh, buka file tersebut dan gunakan printer Anda untuk mencetaknya. Pastikan printer terhubung dengan komputer atau perangkat yang digunakan untuk mengunduh rekening koran.

Jika Anda tidak dapat menemukan opsi untuk mencetak rekening koran secara online, Anda juga dapat mengunjungi cabang bank tempat Anda membuka akun dan meminta bantuan dari petugas layanan nasabah.

Demikian informasi seputar cara cetak rekening koran yang mudah dan cepat, lengkap dengan penjelasan terkait apa itu rekening koran.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER