Cara dan Syarat Mendapatkan Centang Biru di Instagram

12 Juni 2024 17:06 WIB

Narasi TV

Pixabay / Pexels

Penulis: Nuha Khairunissa

Editor: Indra Dwi

Centang biru di Instagram menjadi sebuah tanda bahwa akun terkait merupakan akun resmi dari individu, brand, atau organisasi.

Akun Instagram yang bercentang biru menunjukkan bahwa akun tersebut telah terverifikasi dan dapat dipercaya oleh pengguna Instagram lainnya. Tanda inilah juga dapat membedakan antara akun asli dengan akun tiruan. 

Untuk mendapatkan centang biru di Instagram, pengguna harus memenuhi sejumlah syarat tertentu. 

Yuk, simak informasi lebih lanjut terkait centang biru di Instagram mulai dari pengertian, fungsi, cara, dan syarat mendapatkannya. 

Apa itu centang biru di Instagram?

Centang biru di Instagram merupakan lencana verifikasi yang membantu pengguna untuk menemukan akun-akun resmi di platform tersebut. Lencana ini bisa dijumpai di sebelah kanan nama akun Instagram. 

Akun Instagram yang menerima centang biru telah melalui proses peninjauan dan verifikasi dari pihak Instagram. Jika dinilai layak, Instagram akan memberikan lencana verifikasi kepada akun tersebut. 

Terdapat sejumlah manfaat yang bisa didapatkan oleh akun Instagram bercentang biru, salah satunya yakni meningkatkan kepercayaan pengguna lainnya.

Sejumlah fitur Instagram terutama yang berkaitan dengan analitik dan promosi juga lebih mudah diakses oleh akun yang memiliki centang biru. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi brand maupun influencer.

Selain itu, centang biru juga dapat membantu meningkatkan awareness akun maupun konten. Sebab, Instagram akan menempatkan akun bercentang biru di posisi teratas pada kolom pencarian. 

Lantas, bagaimana cara mendapatkan centang biru di Instagram agar dapat merasakan manfaat-manfaat tersebut?

Cara dan syarat mendapatkan centang biru di Instagram

Perusahaan teknologi Meta yang menaungi Instagram telah meluncurkan layanan centang biru berbayar. Lewat layanan ini, siapa saja bisa membeli centang biru dengan cara berlangganan Meta Verified. Biaya berlangganan Meta Verified dipatok mulai dari USD 14.99 atau sekitar Rp240 ribu per bulan.

Namun, pengguna tidak cukup hanya membayar biaya berlangganan untuk mendapatkan lencana verifikasi. Mengutip laman resmi Pusat Bantuan Instagram, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh akun pengguna, antara lain:

  • Bersifat autentik. Akun Instagram yang didaftarkan harus mewakili individu, bisnis, organisasi, atau entitas lainnya yang benar-benar nyata. 
  • Memiliki keunikan. Akun tersebut harus mewakili orang atau bisnis secara unik, sehingga hanya satu akun saja yang boleh diverifikasi untuk setiap orang/bisnis. 
  • Memenuhi kelengkapan yang meliputi bio, foto profil, serta tidak mengunci akun.
  • Akun Instagram yang didaftarkan harus terkenal atau cukup dikenal dengan minimal 10.000 pengikut. 
  • Mengaktifkan autentikasi dua faktor di profil yang akan didaftarkan.
  • Menggunakan foto profil dan nama profil yang sesuai dengan standar penamaan Meta Verified.
  • Memenuhi persyaratan aktivitas minimal seperti riwayat unggahan sebelumnya.

Selain syarat akun, pengguna yang hendak mengajukan lencana verifikasi juga harus memenuhi sejumlah syarat tertentu, mencakup:

  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki akun Instagram yang memenuhi syarat.
  • Memiliki KTP atau tanda pengenal lainnya yang sesuai dengan nama dan foto profil di Instagram (untuk akun kreator).
  • Menyetujui Ketentuan Layanan yang telah ditentukan.

Nah, itu dia informasi seputar lencana verifikasi alias centang biru di Instagram. Semoga bermanfaat!

Topik:

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR