Instagram Creator Marketplace Hadir di Indonesia, Ini Syarat Daftarnya

11 Juni 2024 20:06 WIB

Narasi TV

Ilustrasi ikon aplikasi Instagram. (Sumber: REUTERS/Thomas White)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Perusahaan teknologi Meta meluncurkan Instagram Creator Marketplace di 10 negara baru, termasuk Indonesia. 

Fitur terbaru Instagram ini diharapkan dapat mempermudah kreator konten untuk terhubung dengan brand yang yang tertarik melakukan kerja sama. 

Meta pertama kali memperkenalkan fitur Instagram Creator Marketplace di Amerika Serikat pada 2022. Uji coba dilakukan di Amerika Serikat kepada sejumlah kreator konten dan pemilik brand yang terpilih.

Sejak saat itu, Instagram Creator Marketplace telah melibatkan ribuan kreator dan brand. Tahun lalu, Instagram menambahkan fitur application programming interface (API) untuk meningkatkan keterjangkauan kreator dan mengundang agensi iklan untuk menggunakan fitur tersebut. 

Pada Februari tahun ini, Instagram secara resmi merilis Creator Marketplace di delapan negara yakni Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris Raya, Jepang, India dan Brasil. 

Kini, Instagram telah memperluas fitur ini ke 10 negara lainnya yakni Korea Selatan, Jerman, Belanda, Prancis, Spanyol, Israel, Turki, Meksiko, Argentina dan Indonesia.

Apa itu Instagram Creator Marketplace?

Seperti namanya, Instagram Creator Marketplace merupakan ‘pasar’ bagi para kreator konten. 

Platform ini bisa dibilang sebagai wadah pertemuan antara kreator dengan brand yang sedang membutuhkan talenta untuk diajak bekerja sama. 

Brand dapat mengulik marketplace ini untuk menemukan influencer potensial yang bisa dijajaki kesempatan kerja sama atau kolaborasi. Nantinya, seluruh proses negosiasi dapat dilakukan melalui satu platform

Instagram Creator Marketplace juga mempermudah influencer dalam mengatur kerja sama dengan berbagai brand. Tak hanya itu, mereka dapat menyusun portofolio untuk menarik perhatian brand lainnya.  

Syarat daftar Instagram Creator Marketplace

Untuk dapat bergabung dengan Creator Marketplace di Instagram, terdapat sejumlah syarat agar pengguna Instagram bisa mengakses fitur ini.

Sejumlah syarat tersebut adalah kreator konten harus berusia minimal 18 tahun, memiliki akun profesional, dan memenuhi persyaratan jejaring sosial seperti memiliki jumlah pengikut tertentu. 

Namun, Meta tidak menentukan secara spesifik jumlah pengikut yang harus dimiliki oleh kreator agar memiliki kriteria tersebut.

Setelah tergabung dengan Creator Marketplace melalui dasbor profesional, kreator dapat menentukan topik yang spesifik dan brand yang relevan untuk meningkatkan kemungkinan dilirik oleh perusahaan. Kreator juga dapat mengecek tawaran kolaborasi melalui kotak masuk “pesan kerja sama”.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR