Tips Fokus Belajar Berjam-jam Tanpa Ngantuk dan Bosan

28 Jun 2024 16:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi aktivitas belajar. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Apakah kamu sering merasa cepat bosan ketika belajar? Atau mudah terdistraksi sesuatu sehingga sering hilang fokus? Simak penjelasan berikut ini mengenai cara tetap bisa fokus belajar berjam-jam tanpa mudah terdistraksi dan cepat bosan.

Belajar memang sudah menjadi kewajiban pelajar atau mahasiswa untuk mencari tahu, mempelajari, dan mengulang materi yang telah didapat. Belajar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tergantung keinginan masing-masing.

Sebagian memilih waktu belajar di malam hari. Alasannya karena pagi sampai sore digunakan untuk beraktivitas. Selain itu, belajar di malam hari juga dapat memberikan suasana tenang dan sepi sehingga bisa lebih berkonsentrasi.

Namun sayang, belajar di malam hari tidak semudah yang dikira. Kita harus melawan rasa kantuk setelah seharian beraktivitas. Ditambah suasana yang sepi sehingga membuat cepat bosan dan semakin mengantuk. Akhirnya, kita kehilangan fokus saat belajar. Semua materi yang dipelajari tidak bisa diserap oleh otak.

Berikut tips yang bisa diterapkan agar tetap bisa fokus selama belajar:

  • Cuci muka sebelum belajar

Cuci muka dengan air dingin dapat menghilangkan rasa kantuk setelah seharian beraktivitas. Wajah akan terasa segar dan mata terbuka lebar. Dengan begitu, fokus pikiranmu akan kembali dan siap untuk belajar.

  • Belajar di tempat strategis

Carilah tempat belajar yang nyaman. Sebisa mungkin hindari belajar di tempat tidur karena akan membuatmu tidak fokus dan mengantuk. Usahakan untuk belajar di atas meja dan kursi agar proses belajarmu lebih nyaman serta tidak mudah lelah.

  • Konsumsi minuman berkafein

Minuman berkafein terbukti mampu menghindari dari kantuk dan membuat lebih fokus. Fisikmu akan tetap terjaga selama sedang belajar. Meski begitu, kamu tetap harus mengontrol jumlah kafein yang masuk agar tidak berdampak buruk bagi tubuh.

  • Jauhkan gadget dari tempat belajar

Gadget bisa sangat mendistraksi ketika belajar. Kamu akan tergoda untuk membuka aplikasi lain, terlebih jika ada notifikasi yang muncul. Oleh karena itu, jauhkan gadget dari tempat belajar dan matikan notifikasi selama belajar. Ini akan membantumu agar tetap fokus dan terhindar dari distraksi.

  • Menggunakan lilin atau es batu

Cobalah untuk menggunakan lilin atau es batu saat belajar. Misalnya, kamu membuat target akan belajar sampai lilin mati atau es batu mencair. Selama itu, kamu tidak boleh memegang gadget dan fokus pada materi yang sedang dipelajari.

  • Membuat target materi

Jika materi yang dipelajari cukup banyak, maka kamu bisa membuat target untuk mempelajarinya. Mulai dengan membuat konsep yang mudah dipahami. Jangan lupa untuk terus melakukan review materi agar ingatanmu semakin baik.

  • Beristirahat sejenak

Jangan lupa untuk tetap mengambil waktu istirahat di tengah belajar. Kamu bisa menerapkan teknik Pomodoro yang dicetuskan oleh Francesco Cirillo tahun 1980. Teknik ini membantumu agar tetap fokus selama belajar. 

Caranya dengan menetapkan waktu 25 menit belajar dan 5 menit beristirahat. Ulangi metode tersebut hingga target materi yang ingin dipelajari selesai. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa kelelahan dan tetap fokus belajar.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER