Cara Memantau Real Time Posisi Bus TransJakarta, Lebih Hemat Waktu!

16 Mei 2024 22:05 WIB

Narasi TV

Bus TransJakarta mengambil penumpang di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/8/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Tahukah kamu bahwa sekarang kamu bisa memantau real time posisi bus TransJakarta melalui Google Maps? Fitur ini sangat dinantikan karena dapat memudahkan pengguna bus TransJakarta. Berikut cara memantau secara real time bus TransJakarta.

Bus TransJakarta telah terintegrasi dengan aplikasi Google Maps. Pengguna bisa memantau posisi dan memperkirakan kedatangan bus TransJakarta hanya dengan mengklik ikon halte di Google Maps.

Jadi, pengguna tidak perlu menerka-nerka kapan bus TransJakarta akan datang atau melihat perkiraan waktu kedatangan di layar yang seringkali tidak sesuai. Pengguna juga bisa merencanakan perjalanan lebih baik dan menghindari menunggu bus terlalu lama.

Kerja sama ini disambut baik oleh pengguna TransJakarta. Tidak hanya itu, Mikrotrans Jaklingko juga bisa dipantau secara real time menggunakan Google Maps. Kabar tersebut membuat para pengguna transportasi umum di Jakarta merasa senang dengan terobosan ini.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan. TransJakarta akan meningkatkan pelayanan bagi pelanggan,” tulis cuitan TransJakarta melalui akun X-nya pada Senin (13/5/2024).

Sebelumnya, layanan TransJakarta memang sudah terintegrasi dengan Google Maps sejak 2016. Namun, pada saat itu Google Maps hanya bisa menampilkan informasi seputar waktu perjalanan melalui Google Maps Transit.

Lantas, bagaimana cara memantau live tracking TransJakarta melalui Google Maps secara real time? Simak penjelasannya berikut ini!

Cara memantau real time bus TransJakarta

Sebelum menggunakan fitur live tracking TransJakarta, pastikan aplikasi Google Maps yang digunakan merupakan versi terbaru. Kamu bisa memperbaruinya melalui Google Play Store maupun AppStore.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Cari ikon halte yang ingin dituju sesuai namanya.
  • Klik ikon halte yang ingin dituju.
  • Jadwal kedatangan bus secara live atau real time lengkap beserta kode armadanya akan terlihat di layar.

Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui posisi bus TransJakarta terdekat dari halte beserta estimasi waktu kedatangan hanya dengan mengetuk ikon halte.

Pastikan koneksi internet stabil agar informasi yang ditampilkan bisa lebih akurat. Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan notifikasi agar mendapatkan pemberitahuan saat bus TransJakarta yang ditunggu mendekat.

Demikian informasi mengenai cara memantau secara real time bus TransJakarta menggunakan Google Maps. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR