Cara Mematikan Centang Biru di WhatsApp untuk Menjaga Privasi

12 Juni 2024 20:06 WIB

Narasi TV

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Sebagai pengguna WhatsApp, kamu harus tahu cara mematikan centang biru. Fitur ini memungkinkan pengirim pesan mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Namun, tak bisa dipungkiri ada orang yang merasa tidak nyaman dengan fitur tersebut.

Ada tiga jenis centang yang bisa digunakan sebagai penanda bagi pengirim pesan. Pertama yaitu centang satu berwarna abu-abu yang menunjukkan pesan berhasil terkirim. Centang dua berwarna abu-abu berarti pesan berhasil diterima. Kemudian centang dua berwarna biru berarti pesan telah dibaca oleh penerima.

Fitur ini memang sangat berguna. Namun, terkadang fitur ini menimbulkan kekhawatiran bagi penerima. Ada yang merasa privasinya terganggu karena mengaktifkan centang dua berwarna biru.

Alasan orang mematikan centang biru WhatsApp

Beberapa alasan orang mematikan centang biru di WhatsApp (WA) diantaranya:

  • Menghindari kekecewaan

Mematikan centang biru dapat menghindarkan dari rasa kecewa. Sebab, kita tidak tahu apakah pesan sudah dibaca atau belum oleh penerima pesan. Pun juga dengan penerima pesan yang tidak mengharapkan pesannya segera dibaca. Dengan begitu, rasa kecewa akibat pesan yang tak kunjung dibalas dapat terhindarkan.

  • Melihat status orang lain tanpa diketahui

Dengan mematikan fitur centang biru, kita bisa melihat status WhatsApp orang lain tanpa diketahui. Hal ini sangat berguna jika kamu tidak ingin diganggu orang lain hanya karena melihat status di jam-jam tertentu.

  • Menghindari prasangka orang lain

Kita tentu sepakat bahwa tidak ada orang yang menghabiskan waktu 24 jam di depan HP. Masing-masing tentu memiliki kesibukannya sendiri sehingga tidak sempat membalas pesan di jam-jam tertentu. Dengan mematikan centang biru, kita bisa terhindar dari prasangka orang lain, begitupun sebaliknya.

  • Menjaga privasi

Ada orang yang merasa tidak nyaman ketika terlihat aktif di WhatsApp, terlebih jika sampai dihubungi di waktu-waktu tertentu. Bahkan ada pula yang sampai mengalami panic attack saat mendengar notifikasi. Oleh karena itu, mematikan centang biru menjadi langkah yang tepat untuk menjaga privasi kita.

Cara mematikan centang biru WhatsApp

Berikut cara mematikan centang biru di WhatsApp baik bagi pengguna iPhone maupun Android:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik ikon tiga vertikal di pojok kanan atas.
  • Klik menu pengaturan.
  • Pilih “Akun”.
  • Pilih “Privasi”.
  • Gulir (scroll) ke bawah hingga menemukan “Laporan Dibaca”.
  • Klik “Laporan Dibaca” dari biru menjadi abu-abu untuk mematikannya.

Demikian cara mematikan fitur centang biru di WhatsApp. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR