Mengenal Fitur Komunitas di X dan Cara Membuatnya

26 Aug 2024 13:08 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi logo X. Sumber: mashable.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Setelah dibeli oleh Elon Musk, platform media sosial Twitter atau X memiliki fitur baru yakni komunitas. Seperti namanya, fitur ini bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk berjejaring dengan pengguna lainnya yang memiliki minat di bidang yang sama. 

Seperti apa fitur komunitas di X ini, dan bagaimana cara membuatnya?

Apa itu Komunitas di X?

Komunitas yang ada di media sosial X merupakan ruang bagi pengguna untuk terhubung, berbagi, dan lebih dekat dengan pengguna lainnya yang memiliki pemikiran sama dalam topik-topik tertentu. 

Komunitas di X mirip dengan grup di Facebook yang para anggotanya dapat berinteraksi satu sama lain dan mengobrol seputar satu topik yang spesifik. 

Siapa saja bisa membuat Komunitas di X. Nantinya, pembuat Komunitas akan berperan sebagai admin dan moderator yang memantau berjalannya Komunitas dan memastikan peraturan Komunitas tidak dilanggar. 

Sedangkan untuk bergabung ke Komunitas, pengguna harus memiliki akun X yang bersifat publik. Komunitas di X bersifat terbuka, yang artinya siapa pun bisa bergabung. Meski demikian, admin Komunitas mungkin menetapkan sejumlah persyaratan dan melakukan seleksi sebelum pengguna dapat bergabung ke dalamnya. 

Unggahan di Komunitas X juga bersifat terbuka dan dapat dilihat oleh siapa saja, termasuk oleh pengguna yang tidak bergabung ke dalamnya. Namun, hanya orang yang ada di dalam Komunitas itu yang dapat berinteraksi dan berpartisipasi dalam diskusi. 

Cara membuat Komunitas di X

Untuk membuat Komunitas di X, pengguna harus memiliki akun berlangganan atau X Premium. Jika persyaratan ini sudah terpenuhi, pengguna bisa langsung membuat Komunitas dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi X.
  • Masuk ke menu “Komunitas” di bagian bawah tengah pada halaman aplikasi. 
  • Pilih tombol “Buat Komunitas” dengan ikon dua orang dan tanda plus (+) di kanan atas. 
  • Masukkan nama dan tujuan Komunitas yang hendak dibuat (opsional).
  • Selanjutnya, klik “Jenis keanggotaan” dan pilih opsi yang diinginkan.
  • Terakhir, klik tombol “Buat” di bagian kanan atas untuk membuat Komunitas. 

Setelahnya, Komunitas akan langsung aktif dan bisa digunakan untuk berjejaring. Sebagai pembuat dan pemilik Komunitas, admin dapat mengundang pengguna untuk bergabung dan memilih moderator untuk membantu dalam menjalankan Komunitas tersebut. 

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER