Cara Membuat Profil LinkedIn Terlihat Menarik dan Profesional di Mata HRD

27 Nov 2023 13:11 WIB

thumbnail-article

Logo LinkedIn. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Profil LinkedIn yang terlihat profesional menjadi salah satu kunci agar dilirik perusahaan. Terlebih jika kamu sedang mencari pekerjaan atau membangun relasi. Berikut cara membuat profil LinkedIn terlihat lebih menarik dan profesional.

LinkedIn adalah platform yang berguna untuk membangun dan mengelola jaringan profesional seseorang. Melalui platform tersebut, biasanya HRD akan mencari calon pekerja yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Pun bagi pencari kerja, LinkedIn bisa menjadi platform untuk mengetahui lowongan pekerjaan dan mengecek rekam jejak perusahaan.

Agar sesuai dengan fungsinya, platform ini bisa digunakan untuk membangun personal branding. Kamu bisa menuliskan pengalaman kerja, organisasi, volunteer, mengikuti diskusi tertentu, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana cara membuat profil LinkedIn terlihat menarik dan profesional?

Cara membuat profil LinkedIn profesional

Langkah pertama adalah membuat akun LinkedIn terlebih dulu. Kamu bisa mendaftarkan akun Google atau Facebook untuk mengaktifkannya. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pasang foto profil berkualitas

Setelah membuat akun, kamu pasti akan diminta melengkapi akun dengan foto profil. Usahakan pasang foto profil yang terlihat profesional dan ramah. Pastikan kualitas fotonya pun jelas. Jangan memasang foto selfie karena LinkedIn adalah platform profesional.

  • Tulis judul profil menarik

Kamu juga bisa menuliskan judul yang mencerminkan pekerjaan atau spesialisasi. Pilih kalimat yang jelas, singkat, dan menarik perhatian.

  • Beri ringkasan profil yang kuat

Buat ringkasan profil yang menyoroti keahlian, pengalaman, dan tujuan profesional. Sebaiknya jangan menuliskan tempat dan tanggal lahir atau hobi yang tidak relevan dengan pekerjaanmu.

  • Buat rincian pengalaman kerja

Jika kamu memiliki pengalaman kerja, tuliskan dengan jelas dan rinci. Kamu bisa menuliskan tanggung jawab, deskripsi pekerjaan, dan pencapaian selama bekerja. Gunakan kata kunci yang relevan dengan pekerjaanmu.

  • Tulis pengalaman organisasi

Kamu juga bisa menuliskan pengalaman berorganisasi jika kamu belum memiliki pengalaman kerja. Sebisa mungkin arahkan pengalamanmu pada minat atau bidang yang ingin dituju saat bekerja.

  • Berikan rekomendasi dan keterampilan

Mintalah rekomendasi dari rekan kerja, teman sebaya, atau atasan terkait keterampilan yang kamu miliki. Dengan begitu, recruiter tak akan ragu saat memilihmu.

  • Tulis proyek dan prestasi

Jika kamu pernah mengerjakan proyek tertentu, tuliskan saja dalam LinkedIn. Kamu juga bisa mencantumkan prestasi selama bekerja dan berkuliah.

  • Cantumkan pendidikan dan sertifikat

Jangan lupa untuk mengisi latar belakang pendidikan, jurusan, dan beberapa pengalaman yang relevan. Jika kamu memiliki sertifikat tertentu yang sesuai dengan minat dan bidangmu juga boleh dilampirkan sebagai pendukung.

  • Aktif membangun jaringan di LinkedIn

Terakhir yaitu aktif membangun jaringan di LinkedIn. Kamu bisa berbagi pandangan lewat komentar. Usahakan untuk aktif dalam grup dan diskusi yang relevan dengan pekerjaanmu.

Itu tadi beberapa tips agar profil LinkedIn terlihat menarik dan profesional. Apakah kamu sudah menerapkan semuanya?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER