Dijamin Anti Galau, Inilah Tips dan Trik Memilih Jurusan Kuliah

28 Feb 2023 12:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi sekelompok mahasiswa yang belajar bersama. Sumber: Freepik.

Penulis: Yohana Nabila Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Kuliah memang salah satu jenjang pendidikan yang dapat ditempuh. Sayangnya kebanyakan orang kerap bingung dan galau dengan jurusan yang diinginkan. Bahkan ada pula yang rela untuk mengulang semester dari awal karena merasa jurusan yang ditempuh kurang pas dan tidak sesuai dengan passion serta keinginan.

Tentu saja hal tersebut merugikan diri sendiri apabila sampai terjadi. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut tips dan trik memilih jurusan yang tepat.

  • Pahami niat dan bakat

Memahami diri sendiri merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menentukan jurusan kuliah.

Dengan berhasil memahami diri sendiri, seseorang akan memahami minat dan bakat yang dimiliki. Setelah mengetahui minat dan bakat, seseorang akan merasa lebih mudah untuk menentukan suatu jurusan kuliah.

  • Riset jurusan

Setelah berhasil menentukan minat dan bakat, maka langkah kedua yang dapat diambil adalah melakukan riset jurusan. 

Riset yang dilakukan tentu tidak hanya satu jurusan saja, namun dapat beberapa jurusan sekaligus. Hal tersebut dimaksudkan agar seseorang dapat melakukan perbandingan antara jurusan satu dengan jurusan yang lainnya. Sehingga ia dapat mengetahui kelemahan, kelebihan, dan prospek kerja dari jurusan yang diminati.

  • Riset universitas

Setelah melakukan riset jurusan, maka tips selanjutnya adalah melakukan riset universitas. 

Riset yang dilakukan tentu berdasarkan jurusan yang diminati. Sementara itu hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan riset universitas adalah akreditasi universitas, akreditasi jurusan di universitas tersebut, alumni yang berhasil lulus dengan jurusan yang sama dan berhasil bekerja di instansi besar, mata kuliah yang ditawarkan, kegiatan mahasiswa yang ditawarkan, biaya yang diperlukan seperti UKT, uang SKS, hingga biaya lainnya. Serta yang terakhir adalah lingkungan kampus baik dari segi pengajar atau senior.

Tujuan dari dilakukannya riset universitas agar seseorang dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan universitas tersebut. Nantinya ketika meminta pendapat orang lain, seseorang dapat menjelaskan secara rinci mengenai kampus yang dipilih.

  • Menanyakan pendapat dari orang lain

Tips keempat yang dilakukan adalah menanyakan pendapat orang lain. Dalam hal ini tentu tidak hanya satu orang saja, pastikan bertanya pada beberapa orang sekaligus. 

Anda dapat bertanya pada orang tua, guru, atau relasi yang kuliah di jurusan dan atau kampus yang diminati. 

Hal tersebut dilakukan agar pengetahuan mengenai jurusan yang diminati semakin luas. Apalagi bila bertanya pada seseorang yang berada di jurusan yang sama. Semakin banyak informasi yang diperoleh, semakin banyak pula pertimbangan yang harus dipikirkan. Meskipun akan sangat membingungkan namun hal tersebut akan membuat seseorang menjadi semakin yakin dengan jurusan yang dipilih.

Itulah informasi mengenai tips dan trik dalam memilih jurusan kuliah yang dapat dilakukan.

Namun selain empat tips dan trik yang telah dijabarkan, dalam memilih jurusan kuliah seseorang harus memiliki prinsip yang pasti. Jangan sampai memilih suatu jurusan dan suatu universitas karena sekadar ikut-ikutan. 

Semoga membantu !!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER