Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Murah, Jangan Ragu untuk Memilih Kelas ini

31 Jul 2024 15:07 WIB

thumbnail-article

Calon penumpang melakukan pemesanan tiket kereta api di stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Sumber: ANTARA.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Di tengah banyaknya mode transportasi yang tersedia, kereta api masih menjadi transportasi umum yang banyak diminati masyarakat untuk melakukan perjalanan keluar kota, dibandingkan dengan pesawat atau mobil.

Namun, pada momentum musim liburan akhir tahun atau hari raya, harga tiket lebih mahal dari biasanya. Untuk menghindari lonjakan harga tiket, yuk simak tips mendapatkan tiket Kereta Api murah: 

Tips mendapatkan Tiket Kereta Api murah

Cari tiket promo di Aplikasi KAI Access

Cara pertama kamu bisa mencari tiket kereta api murah melalui promosi yang ada di aplikasi Kereta Api Indonesia yaitu, KAI Access. Terkadang dari KAI akan memberikan potongan mulai dari 5% hingga 30% tergantung promo yang berlangsung dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Melakukan pemesanan dari juga-jauh hari

Cara kedua kamu bisa melakukan pemesanan jauh hari sebelum keberangkatan seperti 1 bulan sebelum keberangkatannya. Pada awal penjualan biasanya masih ada beberapa kursi yang dijual lebih murah.

Membeli tiket promo melalui call center

Selain menggunakan aplikasi KAI Access, kamu juga bisa mengetahui adanya promo dengan menghubungi call center KAI di nomor 121 atau 021-121.

Sampaikan ke petugas harga tiket yang masih tersedia di tanggal keberangkatan kamu, jika dirasa cocok dengan harga yang diinformasikan maka langsung lakukan pembayaran melalui transfer bank.

Membeli langsung ke loket stasiun

Satu lagi cara membeli tiket murah kereta api adalah melalui loket stasiun. Selain aman karena terhindar dari penjualan tiket melalui calo, kamu juga bisa langsung menanyakan ke petugas harga tiket paling murah untuk tanggal keberangkatan yang kamu inginkan.

Beli tiket di aplikasi situs booking online

Selain KAI Access kamu juga bisa mendapatkan tiket murah melalui situs booking online yang dapat diakses melalui HP, baik itu Traveloka, Tiket.com atau aplikasi booking lainnya.

Biasanya mereka juga akan menawarkan beberapa tiket promo yang bisa kamu manfaatkan. Cara ini dirasa cukup aman, karena biasanya pembayarannya juga dilakukan secara online.

Pilih kelas ekonomi

Tiket kelas ekonomi menjadi pilihan dan solusi jika ingin menikmati tiket murah. Di kelas ini harga tiketnya bisa dikatakan paling murah jika dibandingkan dengan kelas bisnis atau eksekutif. Tidak perlu ragu untuk memiliki kelas ini, pasalnya saati ini gerbong kereta kelas ekonomi sudah dilengkapi fasilitas nyaman dan aman bagi penumpang.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER