Cara Mengaktifkan Tiktok Adsense dan Jenis-Jenisnya yang Bisa Dicoba

24 Jan 2024 13:01 WIB

thumbnail-article

Logo TikTok di handphone dan layar laptop. Sumber: ANTARA.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

TikTok merupakan platform media sosial yang tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Pengguna TikTok berasal dari berbagai macam kalangan dan usia, mulai dari remaja hingga orang dewasa. 

Sejak diluncurkan pada 2016, TikTok telah diunduh oleh lebih dari 4 miliar pengguna. Per September 2021, TikTok tercatat memiliki 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Popularitas TikTok menjadikannya ladang bisnis yang menjanjikan. Terdapat sejumlah skema monetisasi yang bisa dilakukan pengguna untuk mendapatkan uang dari konten yang diunggah di TikTok. 

Syarat monetisasi TikTok

Untuk dapat melakukan monetisasi akun TikTok, pengguna harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki akun yang usianya telah lebih dari 30 hari. 

Program monetisasi TikTok mensyaratkan pengguna untuk memiliki setidaknya 1.000 hingga 10.000 pengikut. Pengguna juga harus rutin membuat konten dengan minimal views sebanyak 1.000 hingga 10.000 dalam 30 hari terakhir. 

Cara monetisasi TikTok

Jika syarat-syarat di atas telah terpenuhi, pengguna bisa mengaktifkan monetisasi TikTok lewat aplikasi dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi TikTok di ponsel.
  • Klik menu “Profil”, lalu klik tiga garis di pojok kanan atas.
  • Pilih  menu “Creator Tools”.
  • Gulir layar ke bagian monetisasi.
  • Terdapat tiga jenis monetisasi yang dapat dipilih yakni Creator Marketplace, TikTok Shop, dan Gifts. 
  • Pilih salah satu monetisasi yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan sudah memenuhi syarat yang diperlukan agar TikTok dapat dimonetisasi.  

Jenis-jenis monetisasi di TikTok

Terdapat beberapa jenis monetisasi TikTok yang bisa dipilih oleh pengguna, antara lain:

  • Creator Marketplace

Melalui fitur ini, kreator dapat membuat konten berbasis promosi dengan skema kerja sama atau endorse dengan beberapa merek.

  • TikTok Shop

TikTok Shop memungkinkan pengguna untuk berjualan langsung secara online melalui TikTok. 

  • TikTok Ads

Metode ini biasa digunakan oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi pemasaran digital melalui kampanye yang ditujukan pada target audiens tertentu.

  • Live Streaming

Fitur Live Streaming memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung dan memperoleh hadiah atau donasi dari penonton. 

  • Affiliate Marketing

Skema affiliate di TikTok hampir sama dengan platform media sosial lainnya yang mengharuskan kreator untuk mempromosikan produk mitra secara online

  • Gifts

Fitur Gifts di TikTok memungkinkan pengguna untuk mengirimkan hadiah berupa koin virtual ke kreator yang nantinya dapat ditukar dengan mata uang digital. 

Nah, itu dia informasi seputar monetisasi di TikTok. Bagaimana, tertarik untuk mendulang cuan dari TikTok?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER