Cara Mengatasi Rambut Rontok, Dimulai dari Hentikan Kebiasaan Hair Styling Rambut

10 Juli 2023 15:07 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang memiliki masalah rambut. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Rambut rontok tentu menjadi masalah bagi setiap orang. Hal tersebut karena rambut rontok dapat merusak penampilan dan mengganggu kenyamanan, terlebih jika menyebabkan kebotakan di bagian kulit kepala. Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut rontok?

Dilansir dari situs AloDokter, apabila rambut yang rontok sekitar 50-100 helai per hari adalah kondisi yang normal. Nantinya, rambut rontok tersebut akan digantikan dengan rambut baru. Namun kamu harus tetap waspada jika kerontokan semakin parah.

Penyebab rambut rontok umumnya adalah karena trauma, penyakit autoimun, efek samping kemoterapi, perubahan hormon, atau efek samping obat-obatan. Penyebab lain juga bisa karena gaya rambut dan perawatan yang kurang tepat.

Cara mengatasi rambut rontok

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan kondisi rambut yang rontok terus menerus, berikut ini beberapa cara mengatasi rambut rontok:

  • Hindari hair styling rambut terlalu keras

Jika kamu sering mengikat rambut dengan model ekor kuda, kepang kuat, atau cornrows, maka rambutmu akan rawan rontok. Hal ini karena ikat rambut model tersebut mampu menarik rambut dari kulit kepala dan melonggarkan ikatan.

  • Keramas secara teratur

Keramas juga dapat mengatasi rambut rontok berlebihan. Selain itu, keramas juga mampu menjaga kebersihan kulit kepala. Gunakan sampo berbahan ringan atau yang tidak mengandung formula terlalu banyak sehingga rambut tidak mudah kering apalagi patah.

  • Hindari menggunakan alat rambut yang panas

Alat rambut seperti hair dryer dan catokan cenderung panas dan dapat membuat rambut cepat rusak. Oleh karena itu, hindari menggunakan alat-alat tersebut terlalu sering.

  • Rutin memijat kulit kepala

Health Clinic Tokyo menyebut bahwa seseorang yang memijat kepalanya selama 4 menit dalam sehari selama 24 minggu dapat mengurangi risiko rambut rontok. Kamu juga bisa memijat kulit kepala dengan cara creambath atau menggunakan hair mask.

  • Gunakan aloe vera gel (lidah buaya)

Gel lidah buaya mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi menghitamkan rambut, merangsang pertumbuhan, serta memperbaiki jaringan rambut yang rusak. Kamu bisa mengaplikasikannya selama dua kali dalam seminggu.

  • Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat memperlambat kerontokan rambut genetik. Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke rambut, diamkan selama 30 menit, kemudian keramas seperti biasa.

  • Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya mampu mencegah kerusakan rambut akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Hal ini dikarenakan minyak kelapa mampu membantu mengikat protein di rambut. Kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa dengan memijatnya di kulit kepala.

  • Pilih warna rambut organik

Bagi kamu yang suka mewarnai rambut, kamu bisa mencari alternatif pewarna rambut berbahan organik untuk kesehatan rambutmu. Pasalnya, pewarna berbahan kimia terutama yang mengandung amonia, peroksida, atau para-phenylenediamine (PPD) dapat merusak rambut jika digunakan terlalu sering.

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengonsumsi makanan tertentu yang kaya akan vitamin untuk kesuburan rambut. Misalnya dengan mengonsumsi vitamin A, ginseng, makanan tinggi protein, serta banyak minum air putih. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR