Jangan Panik, Berikut Cara Mengatasi Salah Transfer Rekening BCA

25 Jul 2024 16:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi penggunaan ATM BCA. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Salah transfer BCA termasuk kasus yang sering terjadi selama bertransaksi. Hal ini bisa disebabkan karena pengirim dana kurang teliti dalam memasukkan nomor rekening. Tak perlu panik, berikut cara mengatasi salah transfer BCA.

Nasabah BCA tidak perlu kesulitan lagi jika ingin melakukan transfer uang ke rekening tertentu. Pasalnya, transfer uang bisa dilakukan secara cepat hanya melalui aplikasi mobile banking BCA.

Namun, proses transfer tidak luput dari kesalahan. Dalam keadaan tergesa atau terburu-buru, pengguna bisa saja salah memasukkan nomor rekening karena kurang teliti. Kesalahan ini membuat uang bisa masuk ke rekening yang tidak seharusnya.

Jika musibah tersebut terjadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Kondisi panik dapat membuatmu salah mengambil langkah yang bisa memperburuk keadaan. Padahal, salah transfer dapat diatasi dengan berbagai hal. Simak penjelasan berikut mengenai cara mengatasi salah transfer BCA.

Cara mengatasi salah transfer BCA

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi salah transfer BCA:

  • Lapor ke BCA

Apabila kamu salah melakukan transfer atau menerima dana yang besar kemungkinan dari salah transfer, kamu dapat melaporkannya melalui call center Halo BCA 1500888. Kamu juga bisa datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat untuk membuat laporan.

  • Jelaskan permasalahan secara detail

Setelah itu, jelaskan permasalahan secara detail salah transfer. Mulai dari keterangan waktu, nomor rekening, nominal transfer, dan metode transfer yang digunakan. Sertakan juga bukti kesalahan transfer untuk memperkuat pernyataan yang telah diberikan.

  • Siapkan identitas diri

Jangan lupa menyiapkan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan buku tabungan yang bersangkutan. Hal ini untuk mempermudah proses verifikasi yang akan dilakukan oleh pihak bank.

  • Tunggu proses verifikasi oleh BCA

BCA akan melakukan verifikasi terkait salah transfer tersebut. Pihaknya akan menjadi perantara penerima dana dan pengirim dana untuk selanjutnya menjalani proses mediasi. 

BCA juga bisa menunda transaksi pada rekening penerima dana. Namun, BCA tidak bisa menarik dana dari rekening penerima dana salah transfer jika tidak mendapatkan izin.

Demikian cara mengatasi salah transfer BCA. Mengingat prosesnya yang tidak mudah, pastikan untuk selalu teliti sebelum melakukan transfer, apalagi jika nominalnya cukup banyak. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER