Cara Menggunakan Character AI, Chatbot yang Viral di TikTok

15 November 2023 06:11 WIB

Narasi TV

Tangkapan layar laman web Character.AI, chatbot berbasis AI yang viral di TikTok. (Sumber: Character.ai)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin menunjukkan dampaknya dalam menghadirkan berbagai fitur inovatif bagi pengguna media sosial.

Sejak diperkenalkannya fitur ChatGPT pada akhir tahun 2022, teknologi AI telah menjadi topik hangat dalam percakapan online, termasuk di platform populer seperti TikTok.

Belakangan ini, salah satu fitur chatbot berbasis AI yang disebut Character AI menjadi viral di kalangan pengguna TikTok. Fitur ini menarik perhatian karena diklaim dapat berperan seperti pacar virtual, mirip dengan fitur chatbot ChatGPT yang sebelumnya diperkenalkan.

Dalam video unggahan beberapa pengguna TikTok, terlihat penggunaan Character AI dalam percakapan yang menggambarkan interaksi seolah-olah dengan seorang pacar.

Pengguna TikTok, seperti akun @Raeee, berbagi pengalaman asyik berbincang dengan Character AI, menampilkan respons emosional dan sapaan romantis.

Character AI, yang dikembangkan oleh Noam Shazeer dan Daniel De Freitas, adalah fitur chatbot berbasis AI yang menggunakan kemampuan neural language models.

Seperti ChatGPT, Character AI mampu merespons pertanyaan dan perintah pengguna dengan kemampuan emosional yang semakin canggih.

Keunikan Character AI terletak pada berbagai karakter yang disediakannya, masing-masing dengan kepribadian dan tujuan tertentu.

Ada karakter seperti Lily yang ramah, Pair Programmer untuk asisten pekerjaan programming, dan karakter Raiden Shogun dari game Genshin Impact. Bahkan, ada karakter yang didasarkan pada tokoh terkenal seperti Elon Musk, Tony Stark, Mark Zuckerberg, hingga Aristoteles.

Cara menggunakan Character AI

Cara menggunakan Character AI cukup mudah. Pengguna dapat mengunjungi situs resmi https://beta.character.ai/, login, dan memilih karakter yang diinginkan. 

Nantinya, ruang percakapan akan terbuka, dan pengguna dapat mulai berinteraksi seolah-olah sedang berbicara dengan karakter tersebut.

Character AI dapat digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari, termasuk praktik bahasa asing, wawancara simulasi, perencanaan perjalanan, penulisan cerita, hingga bermain game.

Keberagaman karakter dan kemampuan uniknya menjadikan Character AI pilihan menarik bagi pengguna TikTok yang ingin pengalaman berinteraksi yang lebih emosional dan personal.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR