Apa Itu TikTok Notes? Begini Cara Menggunakannya

1 Jul 2024 17:07 WIB

thumbnail-article

Logo TikTok di ponsel. Sumber: Reuters.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Belum lama ini, TikTok diam-diam meluncurkan aplikasi baru yang digadang-gadang akan menjadi pesaing Instagram. Aplikasi bernama TikTok Notes itu memungkinkan pengguna untuk berbagi konten berupa foto dan teks. 

TikTok Notes pertama kali rilis pada 18 April lalu di Australia dan Kanada dan tersedia di perangkat Android serta iOS.

Berdasarkan gambar resmi yang dirilis, tampilan aplikasi TikTok Notes sepintas mirip dengan Pinterest, tetapi dengan fitur yang mendekati Instagram. 

Namun, tidak seperti di Instagram, pengguna TikTok Notes bisa menambahkan judul di atas caption. Fitur ini sama seperti yang ada di konten carousel TikTok.

Perbedaan lainnya, tidak ada fitur berbagi konten video pendek seperti IG Reels serta IG Story di aplikasi TikTok Notes, setidaknya di versi yang sekarang. 

Linimasa di TikTok Notes juga terbagi ke dalam kategori terpisah sebagaimana di TikTok, yakni laman “For You” dan laman khusus pengguna lainnya yang diikuti (following).

Belum ada informasi terbaru kapan aplikasi TikTok Notes akan meluncur di negara-negara lainnya. Sembari menunggu perkembanganya, simak beberapa hal terkait TikTik Notes termasuk cara menggunakannya berikut ini. 

Cara menggunakan TikTok Notes

  • Unduh melalui Google Play Store atau App Store. 
  • Buat akun dengan mengikuti instruksi yang tertera. 
  • Jika sudah berhasil login, kamu akan dihadapkan dengan tampilan linimasa TikTok Notes. Terdapat dua kategori yang bisa dijelajahi yakni “For You” dan “Following”.
  • Untuk mencari konten dengan tema yang spesifik, gunakan fitur pencarian berlogo kaca pembesar yang tersedia di halaman utama. 
  • Ketuk ikon plus (+) untuk mengunggah konten. Pengguna bisa membagikan konten berupa foto atau carousel disertai dengan caption dan judul.

Bisa login pakai akun TikTok

Pengguna yang sudah memiliki akun TIkTok tidak perlu membuat akun lagi saat hendak menggunakan TikTok Notes. Terdapat opsi untuk login menautkan akun TikTok dengan TikTok Notes sehingga kedua aplikasi dapat terintegrasi.

Konten apa saja yang bisa diunggah?

TikTok Notes memungkinkan pengguna untuk mengunggah konten berupa foto tunggal atau kumpulan foto (carousel), dilengkapi dengan teks atau caption. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan judul di setiap unggahannya. 

Nah, itu dia serba-serbi TikTok Notes, aplikasi jejaring sosial terbaru milik TikTok yang punya fitur dan fungsi mirip Instagram. Gimana, tertarik untuk mencobanya jika aplikasi ini sudah masuk ke Indonesia?

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER