5 Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati

27 Apr 2023 18:04 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seseorang kesal karena laptopnya tiba-tiba mati. (Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Bagaimana cara menghidupkan laptop yang mati? Laptop mati secara tiba-tiba bisa menjadi masalah yang menjengkelkan bagi siapa saja.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti daya baterai yang habis, masalah kelistrikan di dalam laptop, atau rusaknya perangkat keras.

Akan tetapi, jika menemui masalah laptop yang tiba-tiba mati, jangan khawatir dulu. Terdapat beberapa cara untuk menghidupkan kembali laptop yang mati.

Cara menghidupkan laptop yang mati

Berikut ini adalah cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati dan mengecek di mana sumber masalahnya.

1. Cek baterai laptop

Jika laptop Anda mati secara tiba-tiba, kemungkinan besar daya baterai telah habis. 

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah men-charge laptop untuk beberapa saat. Jika lampu indikator pengisian daya menyala, berarti matinya laptop dikarenakan daya baterai yang habis.

2. Periksa adaptor daya

Jika laptop masih tidak menyala setelah menghubungkannya ke sumber daya listrik, kemungkinan besar masalah terletak pada adaptor daya atau baterai yang bermasalah.

Pastikan kabel adaptor daya terhubung dengan baik ke laptop dan sumber daya listrik. Jika adaptor daya masih bermasalah, cobalah untuk mengganti dengan adaptor daya yang baru.

Pengecekan juga bisa dilakukan dengan men-charge dengan kabel adaptor yang lain, jika masih tidak bisa berarti baterai laptop memiliki masalah.

3. Tekan tombol power secara berulang-ulang

Jika laptop tidak merespon saat menekan tombol power, cobalah menekannya secara berulang-ulang selama beberapa detik.

Jangan khawatir jika laptop tidak langsung menyala, karena terkadang dibutuhkan beberapa saat untuk memulai ulang sistem.

4. Lakukan restart paksa

Cara menghidupkan laptop yang mati selanjutnya dengan restart paksa. Jika semua cara di atas tidak berhasil, cobalah melakukan restart paksa pada laptop Anda.

Caranya adalah dengan menekan tombol power beberapa saat hingga laptop mati, kemudian tekan kembali tombol power untuk menghidupkannya kembali.

5. Bawa ke pusat layanan

Jika setelah melakukan semua cara di atas, laptop Anda masih tidak menyala, mungkin ada masalah perangkat keras yang lebih serius. 

Anda dapat membawa laptop Anda ke pusat layanan terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki.

Dalam kesimpulannya, ada beberapa cara untuk menghidupkan laptop yang mati, seperti memeriksa baterai, adaptor daya, menekan tombol power, melakukan restart paksa atau membawanya ke pusat layanan.

Jika masalah terus berlanjut, pastikan untuk membawa laptop Anda ke pusat layanan terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki oleh para ahli.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk cara menghidupkan laptop yang mati. Apabila setelah melakukan pengecekan secara pribadi dan laptop masih tidak mau menyala, maka ada baiknya untuk membawa ke service center terdekat.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER