5 Cara Mudah Cek Kamera Tersembunyi di Penginapan dan Toilet Umum

2 Dec 2023 10:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi petunjuk toilet umum. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Pernahkah kamu merasa khawatir jika terdapat kamera tersembunyi di penginapan dan toilet umum? Wajar jika perasaan tersebut muncul karena kamera dipasang di area pribadi. Berikut cara menemukan dan mengetahui kamera tersembunyi di penginapan dan toilet umum.

Orang yang meletakkan kamera tersembunyi di area pribadi biasanya sengaja ingin merekam aktivitas pengguna di sana. Padahal, di area tersebut biasanya kita akan berganti pakaian, buang air, dan lain sebagainya. 

Selain mengganggu privasi, tindakan tersebut juga termasuk kekerasan seksual. Rekaman kamera tersembunyi bisa saja disebarkan oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab. Bahkan, pelaku juga bisa melakukan pemerasan kepada kita dengan membawa rekaman tersebut.

Agar terhindar dari tindak kejahatan ini, kamu perlu mengetahui dan menemukan kamera tersembunyi yang dipasang di area pribadi. Kamu bisa melakukannya sebelum masuk ke toilet umum, ruang ganti pakaian, hingga penginapan.

Cara mendeteksi kamera tersembunyi

Berikut ini cara mengetahui dan menemukan kamera tersembunyi di area pribadi:

  • Periksa area

Beberapa titik yang sering digunakan untuk meletakkan kamera tersembunyi adalah detektor asap, wall decor, gantungan baju, kotak tissue, dan masih banyak lagi. Maka, perhatikan dengan teliti lokasi sekitar sebelum masuk ke area pribadi.

  • Gunakan lampu flash di HP

Cara berikutnya yaitu matikan lampu ruangan, kemudian nyalakan flash di HP. Flash ini mampu memantulkan cahaya kecil di ruangan gelap. Jika kamu melihat ada pantulan cahaya, waspada dan segera memeriksa tempat tersebut. Bisa jadi ada kamera yang terpasang di sana.

  • Gunakan aplikasi Fing

Selanjutnya adalah gunakan aplikasi Fing yang bisa kamu download melalui Google PlayStore maupun AppStore. Namun, tak semua kamera bisa terdeteksi lewat jaringan sehingga penggunaan aplikasi saja belum tentu berhasil.

  • Gunakan aplikasi Hidden Camera Detector App

Aplikasi ini menggunakan sensor magnetik dan inframerah di ponsel untuk mendeteksi kamera tersembunyi. Aplikasi akan berbunyi “bip” saat ada kecocokan positif dengan kamera tersembunyi. Arahkan ponsel sedekat mungkin ke perangkat yang dicurigai agar bunyinya terdengar semakin keras dan kamu bisa menemukan benda yang dicurigai.

  • Lepaskan perangkat mencurigakan

Jika kamu merasa ada satu titik atau perangkat yang dicurigai sebagai kamera tersembunyi, segera lepaskan perangkat tersebut. Kamu juga bisa menutupnya dengan handuk, kain, atau apapun.

Itu tadi beberapa cara untuk menemukan dan mengetahui kamera tersembunyi di toilet umum dan penginapan. Tindakan di atas juga bisa dilakukan jika kamu mencurigai tempat lain yang juga terdapat kamera tersembunyi. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER