5 Cara Tes Mata Minus Online, Mudah dan Cepat

10 Jan 2024 13:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pekerja yanng mengalami mata minus. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga. Apalagi di zaman sekarang, mata seolah tidak bisa lepas dari layar gadget. Oleh karena itu, penting untuk rutin mengecek kesehatan mata. Berikut cara tes mata minus online anti ribet.

Mata minus, miopia, atau rabun jauh adalah kondisi mata yang tidak mampu melihat dengan jelas (kabur) pada jarak jauh. Pemeriksaan biasanya dilakukan oleh dokter atau optometris (ahli mata) dengan cara tes ketajaman penglihatan mata.

Sebelum melakukan pemeriksaan, kamu juga bisa mendeteksi penyakit mata minus tersebut. Beberapa gejala miopi di antaranya:

  • Pandangan kabur saat melihat objek yang jauh.
  • Sering memicingkan mata agar bisa melihat objek dengan jelas.
  • Mata mudah lelah.
  • Sering mengalami pusing atau nyeri kepala di sekitar dahi.
  • Sulit melihat dengan jelas saat malam hari.

Jika sudah mengalami gejala di atas, ada baiknya untuk segera melakukan pengecekan agar segera ditindaklanjuti. Kini, kamu bisa melakukan tes mata minus secara online melalui aplikasi. Lantas, aplikasi apa saja yang bisa digunakan?

Aplikasi tes mata minus online

Berikut cara tes mata minus online menggunakan aplikasi:

  • Smart Optometry

Smart Optometry bisa diunduh melalui Google PlayStore maupun AppStore. Ada berbagai tes mata yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini. Selain tesnya yang cepat, hasilnya pun cukup akurat sehingga bisa lebih hemat waktu dan praktis.

  • Eye Test

Ada enam jenis tes mata yang ditawarkan aplikasi Eye Test. Tes tersebut dapat mendeteksi kondisi penglihatanmu. Secara umum, tes mata yang disediakan sering ditemui di optik dan dokter mata.

  • Eye Exercises

Dengan satu aplikasi, kamu bisa mengecek seluruh kondisi penglihatan. Eye Exercises memanfaatkan algoritma otak untuk melihat respons yang diberikan mata terhadap tes. Bahkan, aplikasi ini juga memiliki fitur voice over dan bisa berkonsultasi dengan dokter secara online.

  • Kuku Kube

Aplikasi Kuku Kube menyajikan permainan bentuk dan warna yang mampu mendeteksi masalah pada mata. Kamu bisa mengunduh aplikasinya melalui Google PlayStore maupun AppStore.

  • Visual Acuity Test

Kamu bisa melakukan check up kondisi mata secara online. Menariknya, aplikasi ini menambahkan visual pada bagian tes mata sehingga tidak membosankan. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google PlayStore dan AppStore.

Demikian rekomendasi aplikasi tes mata minus online yang bisa kamu download. Selamat mencoba!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER