Catatkan Sejarah, Timnas Indonesia U-23 Amankan Tiket Putaran Final Piala Asia Usai Kalahkan Turkmenistan

13 September 2023 19:09 WIB

Narasi TV

Pesepakbola Timnas Indonesia Ivar Jenner (atas) berselebrasi bersama rekannya usai berhasil mencetak gol ke gawang Turkmenistan pada pertandingan grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengamankan tiket ke babak final Piala Asia U-23 2024. Pencapaian ini terwujud setelah Indonesia menang dengan skor 2-0 melawan Turkmenistan dalam pertandingan terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo pada Selasa (12/9/2023).

Keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024 tentu menjadi catatan sejarah baru karena ini kali pertama Indonesia U-23 berhasil ikut andil di putaran final.

Dalam babak pertama, ada momen ketika bek Timnas Indonesia U-23, Elkan Baggott, melakukan kesalahan passing di lini belakang, yang hampir dimanfaatkan oleh pemain depan Turkmenistan, Priyev Ruslan. 

Namun, untungnya, tendangan Ruslan dapat ditangkap dengan baik oleh kiper Indonesia Ernando Ari.

Pada menit ke-10, Timnas Indonesia U-23 sebenarnya berhasil mencetak gol melalui Hokky Caraka setelah menerima umpan dari Pratama Arhan. Namun, sayangnya, wasit menganggap Arhan berada dalam posisi offside, meskipun tayangan ulang menunjukkan sebaliknya.

Di menit ke-23, lemparan dalam dari Arhan menciptakan peluang lagi untuk Indonesia. Baggott berhasil menyundul lemparan Arhan, dan sundulannya diarahkan ke Rafael Struick. Namun, tendangan voli Struick bisa diblok oleh kiper Turkmenistan.

Pada menit ke-29, skema serupa dengan lemparan dalam dari Arhan menciptakan peluang lain untuk Struick. Namun, sekali lagi, tendangan Struick bisa diblok oleh barisan pertahanan Turkmenistan.

Baru di menit ke-39, Indonesia berhasil membuka keunggulan melalui gol Ivan Jenner dengan tembakan keras dari luar kotak penalti, yang berubah arah setelah membentur kepala pemain belakang Turkmenistan, Oraz Orazov, sehingga membuat kiper lawan kesulitan untuk menghentikan bola tersebut.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta, dan Indonesia unggul 1-0 atas Turkmenistan.

Di awal babak kedua, Indonesia menguasai permainan lebih baik. Pada menit ke-54, Timnas Indonesia U-23 mengancam gawang Turkmenistan lagi melalui sundulan Rio Fahmi yang membentur mistar setelah menerima umpan tendangan bebas dari Jenner.

Pada menit ke-58, Marselino Ferdinan mendapatkan tekel keras dari pemain Turkmenistan, Umarov Salim, yang berakibat pada kartu kuning untuk Salim.

Di menit ke-69, lemparan dalam lagi dari Arhan menciptakan peluang untuk Struick, namun, sayangnya, tendangan Struick masih bisa diblok oleh kiper Turkmenistan.

Pada menit ke-70, pelatih Shin Tae Yong memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Hokky Caraka.

Di menit ke-71, Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas melalui Witan Sulaeman, yang berhasil memblok tendangan kiper Turkmenistan yang melakukan blunder saat akan melakukan tendangan di depan gawang. Namun, sayangnya, tendangan kiper Turkmenistan itu mengenai tangan Witan.

Pada menit ke-75, Shin Tae Yong memasukkan Muhammad Ramadhan Sananta menggantikan Marselino Ferdinan.

Di menit ke-85, Arkhan Fikri melakukan kontrol bola yang luar biasa di sudut kiri pertahanan Turkmenistan.

Pada menit ke-89, tendangan Arkhan Fikri mengancam gawang Turkmenistan, tapi masih bisa ditangkap oleh kiper lawan.

Di menit ke-90+2, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui sundulan Pratama Arhan setelah menerima umpan dari Muhammad Rayhan Hannan.

Hingga akhir pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 atas Turkmenistan.

Kemenangan ini membuat Indonesia finis di puncak klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dan juga memastikan tempat mereka di babak final Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada bulan April tahun depan. Indonesia meraih gelar juara Grup K dengan sukses.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR