Cawapres Prabowo akan Diumumkan Setelah Rapat Ketua Umum Partai Koalisi

19 Oktober 2023 18:10 WIB

Narasi TV

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima bendera relawan Projo yang diserahkan oleh Ketua DPP Projo Budi Arie Setiadi pada acara deklarasi dukungan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Sabtu (14/10/2023). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan bahwa pengumuman bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 akan dilakukan setelah rapat para ketua umum partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Muzani menyatakan bahwa kemungkinan besar nama cawapres akan diumumkan dalam beberapa jam setelah rapat para ketua partai koalisi.

"Mudah-mudahan bukan sehari dua hari, jam lah. Mudah-mudahan," ujar Sekjen Gerindra tersebut pada Rabu (18/10/2023), dilansir dari Antara.

Muzani menegaskan bahwa mereka berharap pengumuman ini akan dilakukan dengan cepat, mungkin hanya dalam hitungan jam.

Terkait jadwal pertemuan para ketua umum partai KIM, Muzani menyebut bahwa Prabowo, yang juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra, sedang menunggu seluruh ketua umum partai KIM untuk berkumpul di Jakarta.

Namun, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan RI, saat ini berada di luar negeri mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ke China.

Walaupun demikian, Zulkifli Hasan dijadwalkan tiba di Indonesia lebih awal, yakni pada Jumat (20/10). Lebih cepat dari rombongan Presiden Jokowi lain yang dijadwalkan baru akan tiba di Indonesia pada Sabtu (21/10).

Ketua DPW PAN Jakarta Eko Hendro Purnomo atau dikenal dengan nama Eko Patrio, juga berada di lokasi yang sama dan mengindikasikan bahwa pertemuan pertama Zulkifli Hasan setibanya di Indonesia adalah mengikuti rapat bersama para ketua umum Koalisi Indonesia Maju.

Dia menyatakan bahwa rapat tersebut akan membahas cawapres, yang telah mengalami penyempitan menjadi empat nama pada pekan sebelumnya. 

Eko memperkirakan bahwa rapat para ketua umum Koalisi Indonesia Maju akan berlangsung pada sore atau malam hari WIB.

Di sisi lain, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, pada tanggal 13 Oktober yang lalu, mengumumkan bahwa kandidat potensial untuk posisi calon cawapres telah berkurang menjadi empat nama. 

Namun, pada saat pengumuman tersebut, Prabowo belum bersedia mengungkapkan identitas keempat calon tersebut.

"Dalam perihal cawapres tadi, kami telah melakukan diskusi. Setiap ketua partai telah menyampaikan pandangan dan usulannya. Hasilnya, pada malam itu, kami berhasil mengurangi jumlahnya menjadi empat nama calon yang ingin saya sebutkan. Keempat calon tersebut mewakili berbagai daerah, satu dari luar Pulau Jawa, satu dari Jawa Barat, satu dari Jawa Tengah, dan satu dari Jawa Timur," ungkap Prabowo pada pekan lalu.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR