Cerita Lilly Indriani Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2023 yang Sepatunya Copot

18 Agustus 2023 19:08 WIB

Narasi TV

Anggota Paskibraka pembawa baki bendera, Lilly Indriani Suparman Wenda, hanya mengenakan sepatu sebelah kanan usai mengibarkan bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Lilly Indriani Suparman Wenda, anggota Paskibraka berasal dari Papua Pegunungan, menunjukkan ketenangan yang luar biasa ketika sepatunya tidak sengaja terlepas selama upacara di Istana Merdeka pada Kamis (17/08/2023)..

Bagi Lilly Indriani, situasi tersebut merupakan tantangan terbesar dalam hidupnya, mengingat tugasnya sebagai pembawa baki.

"Formasi itu yang sepatunya kelepas kan. Tantangan banget menyesuaikan tangan, karena (sepatu) kiri aja yang kelepas kan. Itu challenge banget," ujar Lilly dalam wawancara di akun YouTube Sekretariat Kepresidenan, Kamis (17/08/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Lilly Wenda mengungkapkan rasa bangga dan kebahagiaannya karena dipercaya menjadi pembawa baki selama Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.

"Dari awal itu nggak jadi [pembawa] baki. Dari serpihan kiri, seiring berjalan waktu pelatih kasih terus baki, baki. Lancar semuanya," tutur siswa SMAN 1 Wamena tersebut.

Rekan Lilly di Paskibraka, Alfin Alfarisi, turut memberikan apresiasi atas ketenangan Lilly saat sepatu terlepas. Alfin yang juga berasal dari Sumatera Barat merasa terkesan dengan sikap Lilly.

"Keberanian Lilly luar biasa. Meskipun sepatunya terlepas, dia tetap melanjutkan tugasnya dengan tekun, berjalan sampai akhir," ujar Alfin.

Insiden sepatu terlepas itu terjadi setelah Lilly dan Tim Paskibraka berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di Istana Merdeka.

Setelah selesai dengan tugas tersebut, ketika bersiap untuk kembali ke tempat semula, terlihat bahwa sepatu kiri Lilly telah terlepas.

Namun demikian, Lilly tetap tampak tenang dan tersenyum serta berhasil menyelesaikan tugasnya sebagai pembawa baki bendera Merah Putih hingga akhir.

Meskipun hanya mengenakan sepatu kanan, senyuman dari siswa perwakilan Papua Pegunungan ini tetap berseri-seri.

Profil Lilly Indriani Suparman Wenda

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-78, salah satu orang yang menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah Lilly Indriani Suparman Wenda, berasal dari wilayah Provinsi Papua Pegunungan.

Lilly terpilih untuk menjalankan peran sebagai pembawa baki Bendera Merah Putih dalam Upacara HUT ke-78 RI yang digelar di Istana Negara.

Bersama dengan 75 rekannya, Lilly diberikan pengakuan sebagai anggota Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo pada acara di Istana Negara, Jakarta, pada tanggal Selasa, 15 Agustus 2023.

Berdasarkan penelusuran, Lilly merupakan siswa tingkat sekolah menengah atas (SMA) yang berasal dari wilayah Provinsi Papua Pegunungan.

Pada tanggal 17 Juli 2023, Lilly dan rekannya bernama Mahardhika Benhill Wapa dikirim ke Jakarta. Selama periode dari tanggal tersebut hingga 15 Agustus 2023, Lilly Indriani menjalani serangkaian pelatihan di daerah Cibubur.

Hal yang menarik adalah bahwa Lilly juga mencatatkan diri sebagai anggota Paskibraka Nasional 2023 yang pertama berasal dari provinsinya lantara Provinsi Papua Pegunungan baru saja mengalami proses pemekaran.

Sedangkan anggota Paskibraka lainnya berasal dari wilayah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya.

Keempat anggota Paskibraka yang mewakili provinsi-provinsi baru ini akan melaksanakan tugas mereka untuk pertama kalinya dalam Upacara Peringatan HUT ke-78 Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR