Waspada, Berikut Ciri-Ciri Akun Online Shop Penipuan di Instagram

17 Oktober 2023 11:10 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aktivitas jual beli di online shop. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Akun online shop di Instagram semakin menjamur. Kemudahan fiturnya dimanfaatkan para penjual untuk menggaet para konsumen. Sebagai pembeli, kita harus selektif akan online shop tersebut. Alih-alih belanja, kita justru bisa terkena tipu jika tidak hati-hati. Lantas, bagaimana ciri-ciri akun online shop penipuan di Instagram?

Maraknya kasus penipuan menggunakan teknologi semakin membuat para pengguna waspada. Apalagi sekarang banyak ditemui kasus penipuan berawal dari online shop. Bahkan korban penipuan bisa mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Penipuan dengan modus online shop ini sebenarnya mudah untuk dikenali. Dengan memahami ciri-cirinya, kamu bisa terhindar dari modus tersebut. 

Berikut ciri-ciri akun online shop penipuan di Instagram menurut Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian Republik Indonesia (Divisi Humas Polri):

  • Harga produk tidak wajar

Penipu mengetahui cara agar konsumen mudah tergiur dan tidak pikir panjang saat membeli produknya. Penipu akan memberikan diskon besar-besaran sehingga calon konsumen akan langsung membeli produk tersebut karena tidak ingin melewatkan tawaran yang ada. 

Oleh karena itu, jangan mudah tergiur akan tawaran berupa potongan harga, cashback, atau free produk tertentu. Pastikan untuk melakukan cross check lebih dulu sebelum membelinya.

  • Followers palsu

Cara mendeteksi followers palsu adalah dengan melihat jumlah like dan komentar. Jika jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah followers, maka bisa dipastikan itu adalah online shop abal-abal. Meski begitu, ciri ini tak bisa digeneralisir kepada seluruh akun online shop.

  • Komentar dinonaktifkan

Kolom komentar yang dinonaktifkan biasanya untuk menghindari modusnya terbongkar. Jika kamu menemukan online shop seperti ini, sebaiknya mencari online shop lain yang menjual produk serupa. Kamu juga perlu jika akan menghubungi lewat direct message

  • Testimoni dan rekening mencurigakan

Testimoni palsu biasanya menggunakan bahasa berlebihan tanpa menceritakan pengalamannya. Kalimatnya pun sama persis dengan toko-toko yang lain. 

Kamu juga bisa mengecek rekening yang digunakan penjual secara online melalui website tertentu. Dengan begitu, kamu bisa melihat informasi rekening dan memperkirakan keamanan transaksinya.

  • Feed tidak menarik

Terakhir yaitu dengan melihat feeds-nya. Umumnya, foto dan video produk yang diunggah online shop tentu berkualitas baik. Namun, ini tidak berlaku bagi online shop penipu. Mereka akan memperlihatkan foto dan video dengan kualitas tidak baik dan seadanya.

Selain ciri-ciri yang disebutkan di atas, kamu perlu berhati-hati dengan online shop yang sering mengirimkan direct message. Apalagi jika akun tersebut meminta data pribadi dengan iming-iming hadiah tertentu.

Periksa juga caption dan akun yang di-tag oleh online shop. Kamu perlu curiga apabila caption-nya cenderung berulang di setiap postingan dan terkesan asal-asalan. Apalagi jika akun tersebut menandai (tag) akun pengguna lain yang tidak relevan.

Demikian informasi tentang ciri-ciri akun online shop penipuan di Instagram. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR