Catat, Ini Ciri Orang Siap Menikah

2 Sep 2024 10:09 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pasangan pengantin. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Pernikahan adalah keputusan besar dalam hidup. Banyak pertimbangan dan kesiapan yang perlu dipikirkan secara matang. Namun tahukah kamu, terdapat ciri yang bisa jadi penanda seseorang siap menikah loh.

Menurut Julienne Derichs seorang pekerja sosial klinis berlisensi di Chicago mengatakan jika persiapan menikah jika dilihat dari perspektif konseling adalah dua orang memiliki kemampuan untuk, pada saat-saat penting, mengesampingkan preferensi pribadi mereka demi hubungan,"

Ciri orang siap menikah

Berikut adalah beberapa ciri siap menikah yang dirangkum dari berbagai sumber:

Siap berkomitmen

Ciri pertama adalah kamu sudah siap berkomitmen dalam menjalin hubungan seumur hidup dengan pasangan dalam keadaan suka maupun duka.

Sudah mengenali dan mencintai diri sendiri

Hal yang penting bagi orang yang sudah siap menikah adalah dapat mengenali dan mencintai diri sendiri. Hal ini dapat membantu menetapkan standar mengenai seperti apa pasangan yang nantinya akan bersamamu. 

Sudah stabil secara finansial

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Family Studies, umur ideal menikah adalah diumur 28 -32 tahun. Alasannya pada rentang usia tersebut secara finansial sudah stabil dan siap berumah tangga.

Mencintai pasangan

Salah satu ciri siap menikah selanjutnya adalah mencintai pasangan dengan apa adanya. Bisa menerima kelebihan dan kekurangan yang ia miliki.

Memiliki tujuan bersama

Selanjutnya adalah memiliki tujuan bersama, terlebih mengenai prinsip hidup, sesuatu yang sangat mendasar dan sulit diubah.

Cocok dengan keluarga

Hal yang tidak bisa dilabaikan adalah sudah merasa cocok dan diterima di keluarga masing-masing. Hal ini sangat penting lantaran dalam pernikahan nanti tidak hanya menyatukan kamu dengan pasangan, namun menyatukan kedua keluarga.

Sudah mampu menangani konflik bersama.

Kemampuan kamu menangani konflik bersama dengan pasangan menjadi salah satu tanda kamu sudah siap menikah. Hal ini selaras dengan riset dalam Journal of Family Psychology. Pasangan suami-istri yang mengedepankan toleransi, menjalin komunikasi yang baik, dan terbuka untuk saling memaafkan bisa mengatasi konflik pernikahan dengan baik. 

Berani meminta maaf dan mengakui kesalahan

Ciri seseorang siap menikah selanjutnya adalah memiliki kedewasaan secara emosional, salah satunya berani meminta maaf dan mengakui kesalahan, dengan begitu pernikahan akan menjadi langgeng.

Sudah mampu terbuka dalam persoalan keuangan

Urusan keuangan atau ekonomi kerap kali menjadi sumber utama pertengkaran dalam rumah tangga. Jika kamu dan pasangan sudah saling jujur dalam hal keuangan, maka itu pertanda jika kamu sudah benar-benar percaya satu sama lainnya.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER