Mengenal Lebih Jauh Citizen Journalism, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

27 Februari 2023 15:02 WIB

Narasi TV

Ilustrasi jurnalis yang sedang mencatat data. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Seiring dengan semakin berkembanganya media digital, banyak istilah yang muncul salah satunya adalah citizen journalism atau jurnalisme warga.

Pada praktiknya citizen journalism merupakan pencarian berita yang dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki latar belakang jurnalis profesional. Lantas apa yang dimaksud dengan citizen journalism, fungsi dan juga tugasnya?

Pengertian citizen journalism

Mengutip situs www.britannica.com, citizen journalism adalah kegiatan jurnalis yang dilakukan oleh orang-orang yang bukan dari kalangan jurnalis profesional.

Kegiatan yang dilakukan biasanya adalah pencarian, pengumpulan data, dan penyusunan informasi berita dengan gaya penulisan sesuai dengan gayanya sendiri.

Andy F. Noya mengatakan bahwa citizen journalism berbeda dengan jurnalis profesional. Segmen dan tuntutan tugas keduanya berbeda. Jurnalis profesional adalah jurnalis yang bekerja pada media tertentu sementara jurnalisme warga tidak. 

Dalam menyampaikan informasi, mereka juga memiliki aturan dan akurasi data yang tepat. Berbanding terbalik dengan jurnalis profesional, citizen journalism menekankan kecepatan informasi yang menjadi penanda utama.

Kekurangan dari citizen journalism adalah kurangnya pengetahuan terhadap suatu isu. Maka informasi yang disajikan menjadi kurang akurat. Hal ini dapat menjadi boomerang bagi berita itu sendiri.

Jenis citizen journalism

Citizen journalism memiliki berbagai jenis di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Print journalism

Jurnalisme warga biasanya menghasilkan sebuah berita dalam bentuk tulisan yang dicetak ke dalam bentuk brosur atau flyer.

  • Broadcast journalism

Saat ini ada beberapa media massa yang memanfaatkan konsep citizen journalism dengan menerima berita dalam bentuk video, foto, tulisan dari warga yang nantinya akan dipublikasikan melalui broadcasting.

  • Internet journalism

Jurnalisme warga mungkin saat ini paling sering ditemui lewat internet journalism. Banyak warga yang memanfaatkan media sosialnya untuk menyebarkan informasi berita. Baik itu berupa foto, video maupun tulisan.

  • Photojournalism

Photojournalism bisa menjadi wadah untuk citizen journalism yang memiliki bakat foto yang bagus dan bisa memiliki kesempatan menjadi jurnalis profesional.

Kelebihan citizen journalism

Keberadaan citizen journalism bukan berarti dapat mengancam keberadaan jurnalis profesional. Keduanya dapat berjalan berdampingan.

Citizen journalism dapat menjadi stimulasi atau informasi awal untuk para jurnalis profesional dalam melakukan pengumpulan berita. Berikut daftar kelebihan jurnalisme warga:

  • Menyebarkan informasi lebih cepat

Pada situasi tertentu seperti konflik senjata, bencana, dan kecelakaan, penyebaran informasi yang cepat tentu sangat dibutuhkan masyarakat untuk segera mendapatkan kejelasan. 

  • Berita yang disebarkan tanpa sensor

Dalam isu-isu tertentu biasanya ada beberapa informasi, foto, atau video yang disensor tapi pelaku jurnalisme warga sering menerobos aturan sensor yang ditegakkan dalam aturan broadcasting.

  • Berita yang tersebar lebih beragam

Citizen journalism tidak memberlakukan proses setting, sehingga banyak warga yang memproduksi berita sesuai yang mereka ketahui. Jadi semakin banyak pula informasi yang diterima oleh masyarakat. 

Kekurangan citizen journalism

Munculnya jurnalisme warga ini tentunya tidak selamanya membuahkan dampak positif. Mereka juga memiliki dampak negatif, yaitu:

  • Berpotensi tersebarnya berita hoax

Jurnalisme warga menjadi solusi agar masyarakat dapat mengetahui informasi dengan lebih cepat. Namun sayangnya tidak semua orang mampu mengkroscek kebenaran berita sehingga hal tersebut dapat berakibat tersebarnya berita hoax.

  • Kurangnya akurasi data

Informasi yang disebarkan oleh jurnalisme warga seringkali dianggap kurang akurat, pasalnya mereka tidak melakukan investigasi lebih jauh. Hal ini tentu berbeda dengan jurnalis profesional. Mereka mampu memproduksi berita sesuai nilai, fakta, dan akurat.  

 Demikian penjelasan mengenai citizen journalism. Semoga bermanfaat.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR