Merasa Lebih Baik, Apa Itu Gejala Dunning Kruger Effect?

15 Januari 2023 06:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi relasi kerja di sebuah perusahaan. Sumber: kemensos.go.id.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Tong kosong nyaring bunyinya, mungkin peribahasa tersebut dapat menggambarkan seseorang dengan kepribadian Dunning Kruger Effect. Seseorang yang merasa tahu dan pintar dengan banyak hal, tentu hal tersebut tak jarang membuat kesal banyak orang terlebih karena mereka dianggap lebih rendah darinya.

Orang orang dengan Dunning Kruger Effect ini biasanya memiliki kecenderungan merasa lebih baik dan lebih unggul, entah pengetahuan atau kemampuan yang mereka miliki. Namun, biasanya pengetahuan atau kemampuan mereka sebenarnya di bawah rata-rata. Untuk penjelasan lebih lanjut simak informasi lengkapnya berikut ini”

Apa itu Dunning Kruger Effect?

Melansir laman kemensos.go.id, Dunning Kruger Effect adalah sebuah fenomena psikologi saat seseorang merasa dirinya punya kemampuan atau pengetahuan yang tinggi padahal tidak sesuai dengan realitanya. Pada saat yang sama, mereka mungkin menganggap pendapat orang lain bodoh, tak beralasan dan seutuhnya salah. Jadi, orang dengan kondisi ini biasanya menganggap orang lain salah dan tidak lebih pintar darinya. 

Sementara, mengutip laman psychologytoday.com, menjelaskan bahwa Dunning Kruger Effect merupakan situasi di mana seseorang memiliki persepsi yang salah dan menilai dirinya sendiri lebih dari atas kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki.

Teori ini pertama kali dikemukakan oleh David Dunning dan Justin Kruger pada tahun 1999 dalam jurnalnya “Unskilled and Unaware of It: How Difficulties in Recognizing One's Own Incompetence Lead to Inflated Self-assessments” dari Cornell University.

Menurut Profesor David dan Justin, seseorang yang terkena dan mengalami Dunning Kruger Effect biasanya ketidaktahuan akan standar kinerja menjadi penyebab sedikitnya kompetensi yang mereka punya.

Ciri-ciri dunning kruger effect 

Lantas apakah semua orang yang merasa benar mengalami Dunning-Kruger Effect? Berikut ciri-cirinya:

  • Cenderung berlebihan menilai tingkat keahliannya,
  • Tidak bisa mengenali keahlian diri orang lain.
  • Tidak bisa mengenali aspek buruk dari ketidakcakapannya.
  • Tidak bisa mengenali dan mengakui kekurangan dari diri sendiri.

Penyebab dunning kruger effect    

Dunning Kruger Effect bukanlah penyakit mental, tapi biasanya hadir pada seseorang dengan kondisi tertentu. David Dunning dan Justin Kruger menjelaskan biasanya mereka yang mengalami Dunning Kruger Effect karena memiliki peran ganda dalam dirinya.

Satu sisi seseorang itu memang tidak ahli dalam kompetensi tertentu, namun di sisi lain dia juga tidak bisa mengelola mentalnya untuk mengakui bahwa dirinya tidak mampu. Penyebabnya adalah kurangnya metakognisi atau proses mengamati dan mengendalikan diri, efeknya adalah menilai sesuatu secara subjektif dan sebatas hanya tentang dirinya sendiri.

Yang kedua biasanya karena faktor heuristic atau sebagai jalan pintas untuk memecahkan persoalan. Biasanya mereka memiliki pemahaman akan masalah dan solusi yang tidak akurat karena terlalu cepat menyimpulkan. 

Dampak dunning kruger effect    

  • Dapat mempersulit orang untuk mengenali dan memperbaiki kinerja buruk dalam diri.
  • Cenderung mengekspresikan kepercayaan pada keahlian mereka sendiri terkait kebijakan-kebijakan sosial yang ditawarkan. Biasanya ini terjadi pada ranah dunia politik, yang merasa kebijakan mereka paling benar sedangkan yang lainnya salah.
  • Terlalu merasa optimis ketika merencanakan sesuatu dan bahkan seolah-olah menggampangkan sesuatu.
  • Akan sulit berkembang karena menganggap bahwa yang patut dan pantas menilai dirinya adalah dirinya sendiri secara pribadi.
  • Cenderung sulit mengakui kehebatan orang lain atau bahkan di beberapa sikap dapat menghancurkan relasi karena terkesan merendahkan orang lain.

Cara terhindar dari dunning kruger effect

  • Lebih terbuka dan meminta kritik serta saran dari orang lain agar bisa membuka pikiran dalam menilai kemampuan diri sendiri.
  • Seringlah bertanya tentang kompetisi dan kemampuan yang kamu miliki, jadi kita bisa berfokus pada hal-hal yang sesuai dengan kapasitas diri kita saja.
  • Teruslah belajar dan mencari tahu lebih dalam untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai suatu topik, agar kita lebih menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu dipelajari. Sehingga ada kesadaran diri bahwa pengetahuan kita belum seberapa.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Dunning Kruger Effect, percaya diri boleh tapi tetap rendah hati dan tidak pernah sombong. Dan yang pasti tetaplah berpikir logis dengan kemampuan yang kita miliki.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR