Contoh Teks Doa Upacara Hari Senin Penuh Makna dan Harapan

30 Oktober 2023 14:10 WIB

Narasi TV

Sejumlah pekerja mengikuti upacara bendera di lokasi pengeboran rig BN-03, Lapangan Petani #155, yang dikelola oleh Pertamina Hulu Rokan di Kabupaten Bengkalis, Riau, Rabu (17/8/2022). Upacara tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Hari Senin identik dengan pelaksanaan upacara bendera, baik itu di lingkup sekolah atau instansi pemerintahan. 

Upacara bendera biasanya diakhiri dengan sesi doa bersama yang berisi harapan agar menjadi lebih baik di masa depan.

Selain diisi dengan harapan, doa juga bisa diisi dengan peringatan mengenai larangan-larangan yang tak boleh dilakukan oleh siswa atau pegawai instansi pemerintahan.

Berikut adalah contoh-contoh teks doa upacara hari Senin yang singkat, tetapi sarat makna, sebagaimana dikutip dari laman Pemda DIY dan Kemendikbud. 

Contoh teks doa upacara pertama

Bismillahirroĥmanirroĥim, Alĥamdulillahirobbil ’alamin, Allohumma sholli wa sallim ‘ala sayyidina Muhammad Wa ‘ala alihi wa shoĥbihi ajma’in.

بسم هللا الرحمن الرحيم الحمد هلل رب العالم ي اللهم صل وسلم عىل سيد نا محمد . وعىل أله وصحبه أجمع ي

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa Kami yang hadir di sini memanjatkan puji dan syukur kepada Engkau Yang Maha Perkasa, Atas segala nikmat-Mu yang menjadikan kami sebuah bangsa, Bangsa Indonesia. Untuk itu, berkahilah seluruh rangkaian acara, Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui Hamba memohon kepada Engkau, Ya Ilahi, Sayangilah para pahlawan kami. Mereka telah berkorban jiwa dan raga demi bangsa dan negara ini, Berikan kepada mereka tempat yang mulia dan terpuji. Wariskan pula semangat juang mereka kepada generasi penerus ini, Untuk mempertahankan kedaulatan hingga akhir zaman nanti.

Wahai Dzat Yang Maha Agung Berikanlah kekuatan kepada pemimpin dan rakyat kami, Agar mampu mengamalkan nilai-nilai bangsa yang adiluhung. Jauhkanlah paham dan ajaran yang sesat dari bangsa kami, Agar selalu di jalan yang lurus sehingga kami beruntung.

Wahai Dzat Yang Maha Mengabulkan Doa Ampunilah segala kesalahan kami, orang tua kami, dan para pendahulu kami. Jauhkan kami dari sikap permusuhan dan sifat pendendam, Lalu suburkanlah sifat-sifat sebagai bangsa pemaaf dan cinta damai. Curahkanlah kasih sayang-Mu yang tiada habisnya, Untuk menjadikan negara ini tetap berdaulat dengan limpahan rezeki.

Robbana atina fiddun-ya ĥasanah Wa fil akhiroti ĥasanah Wa qina ‘adza bannar Wal ĥamdulillahirobbil ’alamin.

Contoh teks doa upacara kedua

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamin, washalatu wassalamu ‘alaa sayyidil mursaliin, wa’alaa aalihi washohbihi ajma’iin.

Dengan nama-Mu Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji untuk-Mu Tuhan semesta alam, Engkau tempat kami meminta, Engkau tempat kami memohon, kami berdoa ke hadirat-Mu ya Allah.

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa khasanah wafil aakhirati khasanah waqinaa ‘adzaabannaar. Subhanaa rabbika rabbil izzati ‘ammaa yashifuun.

Ya Allah, ya Tuhan kami,

Saat ini kami berkumpul dalam rangka mengikuti upacara bendera hari Senin, untuk itu ya Allah jadikan kegiatan ini, kegiatan yang penuh rahmat, kegiatan yang membawa manfaat, dan kegiatan yang penuh dengan hikmat. Ya Rab, berkahi dan ridhoi acara kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mengetahui,

Bersihkan hati kami dari sifat-sifat yang buruk, semaikan hati kami dengan berbagai sifat-Mu yang mulia, satukan hati dan perbuatan kami dalam membangun negeri yang kami cintai ini, khususnya di bidang pendidikan agar lebih maju dan berkualitas, mampu mengurangi ketertinggalan pendidikan bangsa kami, dan jadikanlah negeri kami, negeri yang berkah, negeri yang rakyatnya makmur dan sejahtera, dalam iman dan takwa serta selalu dalam curahan maghfirah-Mu ya Allah.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,

Betapa banyak tantangan dalam dunia pendidikan kami saat ini, oleh karena itu ya Allah bimbinglah kami, berilah kekuatan lahir dan batin kepada kami, satukan pandangan kami, bangkitkanlah semangat membangun dunia pendidikan kami agar kami mampu membangun karakter bangsa ini menjadi bangsa yang memiliki peradaban yang unggul dan mulia, bangsa yang memiliki kecerdasan secara komprehensif, dan berbudi pekerti luhur.

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim,

Limpahkanlah rahmat dan hidayah-Mu, curahkanlah ilmu dan hikmah-Mu kepada kami agar kami mampu menjadi hamba-hamba-Mu yang selalu amanah dalam menjalani kehidupan ini, lulus dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan dari-Mu, serta ikhlas dalam mengabdi kepada-Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Pengasih,

Alangkah banyak karunia nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepada kami, tetapi terkadang kami suka mengingkari karunia nikmat-Mu itu, untuk itu ya Allah ampunilah segala kekhilafan kami, jauhkanlah kami dari segala murka-Mu, dan jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang pandai bersujud dan bersyukur kepada-Mu.

Ya Allah, ya Tuhan Yang Maha Pengampun,

Kami sadar begitu banyak dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan, jika Engkau tidak sudi mengampuni, kepada siapa kami harus memohon ampun. Oleh karena itu ya Allah, ampuni segala dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan orang tua kami, dosa dan kesalahan para pemimpin kami, dan tetapkanlah hati kami untuk selalu berada di atas jalan-Mu yang benar.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar,

Kabulkanlah doa dan permohonan kami. Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wafil aakhirati hasanah waqinaa ‘azdaabannaar. Washallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi washohbihi ajma’iin. Walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR