Daftar 6 Selebriti yang Maju Caleg 2024 selain Verrell Bramasta yang Baru Saja Gabung PAN

10 Februari 2023 15:02 WIB

Narasi TV

Nafa Urbach (kiri), Ahmad Dhani (tengah), Verrell Bramasta (kanan), tiga selebriti yang diprediksi akan maju sebagai caleg di Pemilu 2024. (Sumber: istimewa)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Kian dekatnya kontestasi Pemilu 2024, nama-nama calon anggota legislatif (caleg) dan calon presiden mulai mencuat. Beberapa nama selebriti juga ikut bermunculan.

Baru-baru ini, aktor berusia 26 tahun, Verrell Bramasta, dikabarkan bergabung menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN). 

Artis yang memerankan beberapa sinetron seperti Putri untuk Pangeran, Anak Langit, dan  7 Manusia Harimau New Generation tersebut memilih untuk terjun ke dunia politik.

Verrell mengaku ingin terjun ke dunia politik lantaran kedua orang tuanya sudah lebih dulu terjun ke politik. 

Ia ingin menjadi anggota legislatif daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat. Fokus Verrell adalah pada isu yang berkaitan dengan milenial, gen Z, ibu, dan keluarga.

Daftar selebriti nyaleg 2024

Tidak hanya Verrel Bramasta, beberapa selebriti lain pun namanya turut masuk dalam daftar calon anggota legislatif. Berikut nama-nama selebriti yang akan maju caleg di Pemilu 2024 mendatang:

1. Ahmad Dhani

Musisi Dewa 19 ini akan kembali maju sebagai caleg, Ahmad Dhani didukung oleh Partai Gerindra di daerah pemilihan (dapil) Surabaya.

2. Venna Melinda

Ibu dari Verrell Bramasta ini kembali maju caleg dapil DKI Jakarta. Sebelumnya, Venna Melinda pernah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

3. Sigit Purnomo Syamsuddin Said (Pasha)

Vokalis grup band Ungu ini maju sebagai caleg dapil 3 DKI Jakarta. Sebelumnya, Pasha Ungu sudah lama terjun ke dunia politik.

4. Choky Sitohang

Pembawa acara yang banyak ditemui di setiap acara stasiun TV ini akan menjadi caleg dapil 6 Jawa Barat dari Partai NasDem.

5. Nafa Urbach

Sempat gagal saat Pemilu 2019, kini Nafa Urbach akan kembali maju caleg dari Partai NasDem. 

6. Kalina Oktaranny

Kalina mempersiapkan diri untuk maju caleg DPRD Kalimantan Timur melalui Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Fenomena selebriti jadi politisi

Dilansir dari Kompas.com, peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa, mengungkapkan bahwa fenomena artis yang mendaftar jadi caleg ini sudah memiliki modal awal yaitu popularitas. 

Modal tersebut dapat mengantarkan mereka untuk terpilih dalam pemilu. Popularitas artis ini juga dimanfaatkan oleh partai untuk menaikkan suara partai agar lebih disorot oleh masyarakat luas. 

Padahal, menurut Ardian, popularitas saja tidak cukup untuk politisi. Mereka juga harus memiliki prestasi dan kapabilitas ketika nanti menjadi anggota legislatif. 

Selain itu, Ardian Sopa juga menegaskan bahwa para artis harus memiliki intelektualitas dan integritas agar dapat menjadi anggota parlemen yang berhasil.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR