Daftar 9 Universitas Plat Merah Milik BUMN, Prospek Kerja Menjanjikan

27 Mei 2024 22:05 WIB

Narasi TV

Gedung Institut Teknologi PLN di Cengkareng, Jakarta. ANTARA/HO-PLN.

Penulis: Nuha Khairunissa

Editor: Indra Dwi

Selain perguruan tinggi negeri dan swasta, terdapat beberapa kampus di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. 

Berkuliah di perguruan tinggi milik BUMN dapat membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk meniti karier di perusahaan plat merah. Apalagi, mahasiswa bisa punya kesempatan magang di perusahaan tersebut saat kuliah. 

Terdapat sembilan kampus di Indonesia yang terafiliasi dengan BUMN. Kampus-kampus ini memiliki spesialisasi di bidang industri yang spesifik, mulai dari teknologi dan informasi hingga energi. 

Dengan demikian, lulusan universitas plat merah dapat memiliki keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja nantinya. 

Berikut daftar sembilan kampus yang terafiliasi BUMN:

1. Telkom University (Tel-U)

Telkom University atau Tel-U merupakan salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia. Kampus yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini terafiliasi dengan PT Telekomunikasi Indonesia. 

Saat ini, Tel-U memiliki tujuh fakultas dan 34 jurusan. Ketujuh fakultas yang terdapat di Tel-U yakni Fakultas Teknik Elektro, Rekayasa Industri, Informatika, Ekonomi dan Bisnis, Komunikasi dan Bisnis, Industri Kreatif, dan Ilmu Terapan.

2. Universitas Pertamina

Universitas Pertamina merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah Yayasan Pertamina. Berlokasi di Jakarta, Universitas Pertamina tercatat memiliki enam fakultas dengan 15 program studi untuk program sarjana (S-1). 

Keenam fakultas yang ada di Universitas Pertamina yakni Fakultas Teknologi Industri, Komunikasi dan Diplomasi, Sains dan Ilmu Komputer, Perencanaan Infrastruktur, Teknologi Eksplorasi dan Produksi, serta Ekonomi dan Bisnis.

3. Institut Teknologi PLN (ITPLN)

Perguruan tinggi berbentuk institut ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan kesejahteraan PLN. 

ITPLN yang terletak di Jakarta memiliki beberapa fakultas antara lain Fakultas Telematika Energi, Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, serta Teknologi dan Bisnis Energi.

4. Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute)

Perguruan tinggi di bawah naungan BUMN selanjutnya adalah Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute). Institut ini merupakan inisiatif dari Manajemen BRI melalui Yayasan BRIlian Indonesia Gemilang (YBIG). 

Kampus yang terletak di Jakarta ini memiliki enam program studi yakni Informatika (kekhususan Teknologi Asuransi), Sistem Informasi (kekhususan Perbankan Digital), Teknologi Informasi (kekhususan Digital Perbankan Syariah), Sistem dan Teknologi Informasi (kekhususan Keuangan Mikro), Teknologi Bisnis Digital (kekhususan Bisnis & Keuangan Perbankan), dan Kewirausahaan (kekhususan Technopreneurship).

5. Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI)

Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) merupakan gabungan dari dua kampus BUMN yakni Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) milik PT Pos Indonesia dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Logistik (STIMLOG) milik Bulog. 

ULBI memiliki 15 prodi yang dikelompokkan ke dalam satu sekolah dan satu fakultas, yakni:

  • Sekolah Vokasi (Diploma): Manajemen Logistik (D-3), Akuntansi (D-3), Manajemen Bisnis (D3), Sistem Informasi (D-3), Teknik Informatika (D-3), Logistik Bisnis (D-4), Akuntansi Keuangan (D-4), Manajemen Perusahaan (D-4), Teknik Informatika (D-4), E-Commerce Logistics (D-4).
  • Fakultas Logistik, Teknologi, Bisnis (Sarjana): Manajemen Logistik, Manajemen Transportasi, Digital Bisnis, Sains Data, Manajemen Rekayasa.

6. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan PT Semen Indonesia. 

Kampus yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur ini memiliki tiga fakultas dengan 10 program studi. Antara lain Desain Komunikasi Visual, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Informatika, Manajemen, Sistem Informasi, Manajemen Rekayasa, Teknik Kimia, Teknik Logistik, Teknologi Agroindustri.

7. IT Telkom Purwokerto (ITTP)

Seperti ITPLN, kampus yang terletak di Purwokerto, Jawa Tengah ini juga dikelola oleh PT Telekomunikasi Indonesia.

ITTP memiliki tiga fakultas yakni  Fakultas Teknik Komunikasi dan Elektro (FTTE), Fakultas Informatika (FIF), dan Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID).

8. IT Telkom Surabaya (ITTS)

Institut yang juga berada di bawah naungan BUMN PT Telekomunikasi Indonesia ini terletak di Surabaya, Jawa Timur. 

Terdapat sejumlah program studi menarik yang bisa dipilih calon mahasiswa di ITTS, seperti program Sarjana (S-1) Sistem Informasi, Sains Data, Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Informatika, Bisnis Digital, Teknik Telekomunikasi, Teknik Industri, Teknik Komputer, Teknik Logistik, dan Teknik Elektro. 

9. IT Telkom Jakarta (ITTJ)

PT Telekomunikasi Indonesia juga mengelola perguruan tinggi di Jakarta yakni IT Telkom Jakarta (ITJ). 

Kampus ini memiliki satu fakultas yakni Fakultas Teknik dengan empat program studi yakni D-3 Teknik Telekomunikasi S-1 Teknik Telekomunikasi S-1 Teknologi Informasi S-1 Sistem Informasi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR