7 Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta, Calon Mahasiswa Perlu Paham

21 Juni 2023 17:06 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aktivitas mahasiswa di perguruan tinggi. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Perbedaan universitas negeri dan swasta selalu menjadi pembahasan yang menarik untuk disimak, terutama oleh mereka yang baru lulus SMA/sederajat. 

Calon mahasiswa perlu mempertimbangkan kampus mana yang ingin dituju setelah lulus dari bangku sekolah. 

Salah satu kebingungan yang kerap dijumpai oleh calon mahasiswa yaitu pilihan untuk melanjutkan studi di universitas negeri atau swasta. 

Saat ini, universitas negeri masih menjadi pilihan utama kebanyakan calon mahasiswa. Sebab, universitas negeri lebih memiliki prestise di mata masyarakat dibandingkan universitas swasta. 

Masyarakat cenderung menganggap universitas negeri lebih bergengsi dan terpandang daripada universitas swasta, terlebih dengan seleksi masuknya yang ketat. 

Tes masuk universitas negeri terdiri dari seleksi berdasarkan prestasi, seleksi berdasarkan ujian, dan seleksi mandiri. 

Selain lebih bergengsi, biaya kuliah di universitas negeri juga lebih murah jika dibandingkan dengan universitas swasta. Mahasiswa juga dapat mengajukan keringanan biaya kuliah sesuai dengan kondisi ekonomi keluarga. 

Faktor-faktor itu yang menyebabkan universitas negeri hingga saat ini masih dianggap sebagai prioritas oleh sebagian besar calon mahasiswa. 

Selain prestise dan biaya, terdapat banyak lagi perbedaan antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Apa saja perbedaannya?

  • Fasilitas kampus

Dari segi fasilitas, PTN umumnya lebih lengkap dibandingkan PTS. Fasilitas seperti ruang kelas, musala, kantin, lapangan, laboratorium, hingga perpustakaan dapat dengan mudah dijumpai di PTN. 

Tak hanya itu, lahan PTN juga umumnya cukup luas. Hal ini berbanding terbalik dengan PTS yang biasanya memiliki lahan terbatas, meski fasilitasnya mungkin tidak berbeda jauh dengan PTN. 

  • Dosen pengajar

Perbedaan selanjutnya antara PTN dan PTS ada pada dosen pengajar. Dosen PTN rata-rata fokus dengan profesinya sebagai pengajar. Jarang ada dosen di PTN yang memiliki kesibukan di luar bidang akademis. 

Berbeda halnya dengan dosen PTS yang tidak hanya menjalankan pekerjaan sebagai dosen. Kebanyakan dosen PTS juga memiliki pekerjaan di luar kampus seperti bisnis atau usaha lainnya. 

  • Materi perkuliahan

Salah satu perbedaan yang cukup signifikan antara PTN dan PTS dapat dilihat dari materi perkuliahannya. 

Materi yang disampaikan di PTN memiliki standar yang tinggi. Aturan perkuliahannya pun cenderung lebih ketat jika dibandingkan dengan PTS. 

Sementara itu, PTS umumnya lebih fleksibel baik dalam hal materi pembelajaran maupun aturan perkuliahan. Syarat kelulusan PTS juga cenderung lebih mudah.

  • Libur kuliah

Perbedaan lainnya terdapat pada waktu libur kuliah. Jika PTN umumnya memberikan waktu libur satu bulan di setiap semester, PTS bisa memberikan libur semester ganjil selama tiga bulan dan dua bulan untuk semester genap.

  • Penerimaan mahasiswa

Dari segi penerimaan mahasiswa baru, PTN dan PTS juga memiliki perbedaan. PTN biasanya membuka pendaftaran sekitar bulan April–Juli, sementara PTS biasa mengadakan beberapa gelombang pendaftaran dalam setahun.

  • Tes masuk

Perbedaan selanjutnya yaitu dari segi tes masuk. Seperti disebutkan sebelumnya, tes masuk PTN terdiri dari tiga gelombang yaitu seleksi prestasi, seleksi ujian, dan seleksi mandiri. Sementara itu, PTS umumnya menyediakan jalur masuk melalui tes dan prestasi yang tak jarang melibatkan proses wawancara.

  • Biaya kuliah

Perbedaan terakhir yang cukup signifikan antara PTN dan PTS adalah biaya perkuliahan. Untuk dapat masuk ke PTN, calon mahasiswa yang mendaftar melalui seleksi prestasi atau ujian tidak perlu membayar biaya apa pun. Hal ini berbeda dengan pendaftaran PTS yang mengharuskan calon mahasiswa membayar uang pangkal. 

Setelah masuk kuliah di PTN, biaya kuliah mahasiswa juga ditentukan dengan mempertimbankan kondisi ekonomi mahasiswa tersebut, berbeda dengan PTS yang umumnya memapak rata biaya kuliah untuk seluruh mahasiswanya, ditambah uang gedung yang juga dibebankan kepada mahasiswa.

Itu tadi perbedaan antara perguruan tinggi negeri dan swasta yang perlu diketahui sebelum calon mahasiswa memilih kampus impiannya. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR