Daftar Makanan Rendah Kalori dan Manfaatnya untuk Tubuh

24 Feb 2024 09:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi makanan-makanan yang rendah kalori. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Makanan rendah kalori sangat cocok dikonsumsi seseorang yang sedang dalam program diet. Sebab, perlu adanya penyeimbangan antara jumlah kalori yang masuk ke tubuh dengan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Makanan rendah kalori sangat mudah ditemukan dan tetap memberikan rasa kenyang. Kadar lemaknya yang sedikit sangat cocok bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Meski begitu, kamu tetap harus memastikan nutrisi dan protein sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Jumlah kalori yang dibutuhkan setiap orang bisa berbeda-beda. Umumnya, jumlah kalori anak-anak usia 2-8 tahun sebesar 1.000-1.400 kalori per hari. Jumlah kalori perempuan usia 14-30 tahun sebesar 2.400 kalori per hari. Sedangkan untuk laki-laki usia 14-30 tahun sebesar 2.800-3.000 kalori per hari.

Lantas, apa saja daftar makanan rendah kalori yang mengenyangkan? Simak ulasannya berikut ini!

Daftar makanan rendah kalori

Berikut daftar makanan rendah kalori yang bisa dikonsumsi selama diet:

  • Telur

Telur termasuk makanan sehat yang rendah kalori. Kandungan protein yang tinggi juga dapat membuatmu kenyang lebih lama. Kamu bisa mengonsumsi telur dengan cara direbus.

  • Kentang

Kentang yang dikonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang juga mengandung kalori yang rendah. Selain itu, kentang juga mengandung protein dan serat yang membuat seseorang merasa kenyang.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga memberi efek kenyang lebih lama. Apapun jenis kacangnya, ukuran takaran sajinya tetap sama. Kamu bisa mengkonsumsi kacang almond, kenari, mete, dan edamame.

  • Biji-bijian

Biji-bijian seperti jagung, gandum utuh, dan bulgur termasuk makanan rendah kalori dan memiliki kandungan serat tinggi. Dengan mengonsumsi biji-bijian, kamu bisa terhindar dari risiko penyakit anemia, sembelit, hingga diabetes.

  • Ikan

Kandungan omega-3 dalam ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Beberapa jenis ikan yang rendah kalori yaitu ikan salmon, gindara, lele, bawal, tuna, dan tilapia.

Agar baik untuk kesehatan, sebaiknya konsumsi ikan ini dengan cara dikukus atau ditumis dengan sedikit minyak. Sebisa mungkin hindari konsumsi ikan dengan cara digoreng.

  • Sayuran

Selain rendah kalori, sayuran juga mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi mentimun, selada, kangkung, bayam seledri, paprika, dan kembang kol.

  • Buah

Buah-buahan yang rendah kalori dan baik untuk kesehatan tubuh diantaranya semangka, jeruk bali, stroberi, kiwi, anggur, buah naga, dan masih banyak lagi.

 

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER