10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

15 Feb 2024 11:02 WIB

thumbnail-article

Buah Jeruk sebagai salah satu sumber vitamin C. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Mengonsumsi vitamin C secara rutin tentu sangat baik bagi tubuh. Tidak hanya menguatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit. Lantas, apa saja makanan yang mengandung vitamin C? Simak penjelasannya berikut ini.

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kegunaannya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh, mengontrol tekanan darah, serta mampu menjaga kesehatan kulit dan jantung.

Kandungan antioksidan dalam vitamin C mampu menjadi tameng bagi tubuh untuk mencegah dari kerusakan akibat radikal bebas. Apalagi kondisi lingkungan saat ini penuh dengan polusi, debu, dan asap yang mampu menyerang imun tubuh kita.

Asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 75-50 mg setiap harinya. Untuk memenuhinya, kamu bisa mengonsumsi makanan, buah-buahan, dan sayuran yang kaya akan vitamin C. 

Makanan yang mengandung vitamin C

Berikut makanan yang mengandung vitamin C dan mudah ditemui di sekitar kita:

  • Jeruk

Jeruk mengandung 70 mg vitamin C yang mampu mencukupi kebutuhan setiap harinya. Jika kamu menyukai secangkir jus jeruk, maka kandungan vitamin C-nya sebesar 120 mg.

  • Jambu biji

Jambu biji mengandung 126 mg vitamin C. Artinya, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 140% lebih banyak dibanding jumlah yang disarankan.

  • Pepaya

Setiap 150 gram pepaya mengandung sekitar 90 mg vitamin C. Jumlah ini telah mencukupi kebutuhan harian vitamin C yang dianjurkan. Selain itu, buah pepaya juga mengandung vitamin A dan E yang baik untuk kesehatan jantung.

  • Stroberi

Setiap 150 gram buah stroberi mengandung 90 mg vitamin C. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat stroberi mampu mencegah penyakit kanker, demensia, dan diabetes.

  • Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat baik bagi jantung dan otot. Pasalnya, kandungan zat magnesium dan potassium pada kiwi tergolong cukup tinggi.

  • Leci

Setiap 100 gram leci mengandung 72 mg vitamin C. Selain itu, leci juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti tembaga dan kalium yang baik untuk kesehatan.

  • Brokoli

Satu mangkuk brokoli hijau mengandung 80 mg vitamin C. Setelah dimasak, kandungannya akan menyusut menjadi 50 mg. Meski begitu, brokoli tetap bisa menjadi sumber vitamin C yang baik untuk tubuh.

  • Kembang kol

Kembang kol mentah mengandung 50 mg vitamin C yang sudah mencukupi jumlah konsumsi harian.

  • Melon jingga

Melon jingga mengandung karotenoid, vitamin B, potassium, magnesium, tembaga, flavonoid, dan kandungan vitamin C sebesar 30 mg.

  • Paprika merah

Setengah cangkir paprika merah mengandung 95 mg vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain itu, paprika merah juga mampu menjadi sumber vitamin A.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER