Daftar Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro Tahun 2022: Didominasi Liputan Peristiwa Kanjuruhan

28 Jan 2023 15:01 WIB

thumbnail-article

Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari bersama Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong serta panitia Anugerah Jurnalistik Adinegoro mengumumkan peraih penghargaan jurnalistik tertinggi di Tanah Air, Jumat (27/1/2023). ANTARA/HO-Humas Anugerah Jurnalistik Adinegoro PWI Pusat.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengumumkan beberapa nama media dan karya jurnalistik yang memenangkan Penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 pada Jumat (27/01/2023).

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari, menyampaikan bahwa penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro dapat mendorong wartawan untuk meningkatkan keahliannya.

"Ini adalah penghargaan yang tidak lekang oleh waktu, masih tetap bertahan," kata Atal dikutip dari Antara.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, menyebut bahwa Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 menunjukkan sikap kritis pers Indonesia tetap ada.

"Tetap sikap kritis, keprihatinan kita terhadap masyarakat korban Kanjuruhan dan sebagai harapan tentu saja proses peradilannya tetap berlangsung adil, terselip pesan seperti itu saya kira," ujar Usman.

Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 kali ini memang didominasi karya peliputan tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 korban jiwa pada Oktober tahun lalu.

Empat dari tujuh pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 merupakan karya jurnalistik yang meliput tragedi Kanjuruhan.

Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Rita Sri Hastuti, menyebutkan tujuh kategori pemenang. Dari ketujuh kategori yang ada, liputan berkedalaman untuk media siber termasuk kategori yang paling banyak diikuti oleh peserta.

Berikut beberapa pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro Tahun 2022:

  1. Kategori Jurnalistik Foto dimenangkan oleh Hayu Yudha Prabowo dari Kliktimes.com dengan karyanya yang terbit pada 2 Oktober 2022 berjudul “Tolong Korban”,
  2. Kategori Jurnalistik Siber dimenangkan oleh Satrio Pangarso Wisanggeni, Margaretha Puteri Rosalina, dan Albertus Krisna dari Kompas.id dengan karyanya yang terbit pada 29 Juli 2022 berjudul “Mau Cepat Impas, Pilih Kuliah Keguruan atau Kedokteran”,
  3. Kategori Jurnalistik Radio dimenangkan oleh Salma Amin dari RRI Nunukan dengan karyanya yang tayang pada 5 September 2022 berjudul “Tanah Kami Indonesia Selamanya”,
  4. Kategori Jurnalistik Karikatur dimenangkan oleh Tommy Thomdean dari Kompas yang terbit pada 5 Oktober 2022 berjudul “Tragedi Bola”,
  5. Kategori Jurnalistik Video Media Sosial dimenangkan oleh Kelana Wisnu Sapta Nugraha bersama tim Narasi yang tayang pada 14 Oktober 2022 berjudul “Momen-Momen Brutal Menjelang Kematian Massal”,
  6. Kategori Jurnalistik Cetak dimenangkan oleh Farid S. Maulana dari Jawa Pos dengan karyanya yang terbit pada 11 Oktober 2022 berjudul “Jangan Sampai 135 Nyawa Cuma Jadi Angka: Pengingat dari Lagu, Mural, dan QR Art”,
  7. Kategori Jurnalistik Televisi dimenangkan oleh Maryo Sarong dari Kompas TV dengan karyanya yang tayang pada 7 Juli 2022 berjudul “Berkas Kompas Episode Siapa Jaga Masyarakat Adat?”.

Kesembilan penghargaan tersebut akan diberikan kepada pemenang saat puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2023 di Medan, Sumatera Utara. Acara tersebut juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER