Daftar Rekayasa Lalu Lintas Imbas Proyek MRT Tahap ke-2

31 Agustus 2023 21:08 WIB

Narasi TV

Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun Fatmawati, Jakarta. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc/pri)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Rekayasa lalu lintas di beberapa rute jalan di Jakarta sedang diterapkan sebagai akibat dari proyek pembangunan MRT Fase 2. Implementasi pengaturan lalu lintas ini berlangsung mulai tanggal 26 Agustus hingga 31 Desember 2023.

Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo menjelaskan, penerapan pengaturan lalu lintas ini berkaitan dengan pembangunan yang sedang berlangsung di sepanjang Sungai Ciliwung, Jalan Gajah Mada, dan Jalan Hayam Wuruk.

"Rekayasa lalu lintas contra flow tahap 3.1.1 MRT Jakarta Fase 2A CP202 dilakukan untuk menunjang pekerjaan pembangunan Guide Wall dan Diaphragm Wall (D-wall) sisi kali Ciliwung di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk. Sistem contra flow ini berlangsung mulai tanggal 26 Agustus hingga 31 Desember 2023," ujar Ahmad dalam keterangan tertulis, Selasa (29/8).

Ahmad juga menyatakan bahwa pengaturan contra flow ini telah mendapat persetujuan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya.

"Pengaturan lalu lintas tahap 3.1 di atas telah dikoordinasikan dan mendapat dukungan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya," ucapnya.

Daftar rekayasa lalu lintas imbas MRT tahap 2

Berikut adalah daftar lengkap pengaturan lalu lintas contra flow MRT:

1. Simpang Harmoni

  • Kendaraan dari simpang Harmoni menuju Jalan KH. Hasyim Ashari, Duta Merlin, dan BTN dapat menggunakan 1 lajur di Jalan Gajah Mada.
  • Pengendara yang menuju Jalan KH. Zainul Arifin, Mangga Besar, dan Kota dialihkan ke 2 lajur di Jalan Hayam Wuruk.

2. Jembatan Batu Ceper

  • Kendaraan dari Jalan Hayam Wuruk arah Kota menuju Jalan KH. Zainul Arifin, Gajah Mada Plaza, dan Lawu Tower dialihkan ke Jalan Gajah Mada melalui Jembatan Batu Ceper.
  • Pengendara arah Mangga Besar dan Kota diarahkan untuk tetap menggunakan Jalan Hayam Wuruk.

3. Simpang Mangga Besar

  • Kendaraan dari simpang Mangga Besar menuju Hayam Wuruk Plaza, Masjid Kebon Jeruk, dan Bank Permata Hayam Wuruk dapat menggunakan 1 lajur di Jalan Hayam Wuruk.
  • Pengendara yang menuju Jalan Kebon Jeruk, Jalan Sukarjo Wiryopranoto, dan Monas dapat mengambil 2 lajur kanan melalui Jalan Gajah Mada.

4. Arah Kota

  • Pengendara yang ingin menuju Jalan KH. Hasyim Ashari serta Jalan KH. Zainul Arifin dapat melewati Jalan Suryopranoto dan Jalan Cideng Barat.
  • Pengguna jalan menuju Kota dapat melalui Jalan Suryopranoto dan Jalan Cideng Barat, kemudian belok ke utara melalui Jalan KH. Moh Mansyur dan Jalan Perniagaan Raya.
  • Masyarakat yang menuju Kota juga dapat melewati Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan Gunung Sahari, lalu kembali ke Jalan Gajah Mada melalui Jalan Raya Mangga Besar.

5. Arah Roxy

  • Kendaraan yang akan menuju ITC Roxy Mas dapat menggunakan Jalan Suryopranoto, lalu belok ke Jalan Cideng Barat, dan akhirnya berbelok kiri di Jalan KH. Hasyim Ashari.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR