Daftar Timses Ketiga Paslon Peserta Pemilu 2024, Anies-Cak Imin Belum Tentukan Nama

26 Oktober 2023 15:10 WIB

Narasi TV

Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto, tiga calon presiden untuk Pilpres 2024 nanti. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Bakal calon presiden (Bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto mengumumkan nama Rosan Roeslani sebagai Ketua Tim Nasional Pemenangan (TPN) untuk dirinya dan Bacawapres Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024

Pengumuman itu disampaikan Prabowo saat memberi sambutan di hadapan para pendukung dan relawan untuk Pilpres 2024 di Indonesia Arena, GBK, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023) pagi.

"Saudara-saudara sekalian, yang terhormat Bapak Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo dalam kesempatan tersebut sebelum dirinya dan Gibran mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024 ke Kantor KPU. 

Rosan Roeslani yang saat ini merupakan Wakil Menteri BUMN telah mengajukan pengunduran diri dari jabatannya. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyebut Presiden Joko Widodo telah mengabulkan permohonan pengunduran diri Rosan. 

"Wamen BUMN ini secara resmi diberhentikan dengan hormat melalui Keppres tertanggal 25 Oktober 2023," kata Ari pada Rabu (25/10/2023).

Rosan juga mundur dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (persero). Surat pengunduran dirinya telah diterima oleh Komisaris Utama PT Pertamina (persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Rabu pagi. 

Untuk membantu Rosan, Kepala Bappilu Golkar Maman Abdurrahman menyebut nama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia sebagai wakil ketua tim kampanye pemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. 

"Sepengetahuan saya Pak Bahlil ditaruh sebagai Wakil Ketua Tim Pemenangan untuk Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Maman pada Rabu (25/10/2023) seperti dikutip dari CNN Indonesia

Skuad baru Ganjar-Mahfud MD

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Arsjad Rasjid, baru saja mengumumkan sejumlah nama baru di timnya. 

Nama baru yang bergabung di TPN Ganjar-Mahfud MD di antaranya Prabu Revolusi sebagai Deputi Komunikasi 360, Heru Dewanto sebagai Sekretaris Eksekutif, dan Denon Prawiraatmadja sebagai Deputi Operasi 247 TPN Ganjar-Mahfud. 

Selain itu, ada pula Todung Mulya Lubis sebagai Deputi Hukum serta Bona Ventura, Rambun Tjajo, Eko Sulistyo, dan Nita Yudi sebagai Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud. 

Terbaru, Ketua Bappilu Nasional PPP Sandiaga Uno resmi diumumkan sebagai Ketua Dewan Pakar TPN pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

Kabar itu disampaikan Arsjad Rasjid usai menjalani rapat selama lebih dari tiga jam bersama dengan ketua umum partai pengusung di kantor TPN, Kamis (26/10/2023) pagi. 

Ketua TPN Anies-Cak Imin masih digodok

Di sisi lain, Koalisi Perubahan yang terdiri dari NasDem, PKB, dan PKS masih mempertimbangkan sosok yang tepat untuk didapuk sebagai Ketua Tim Nasional Pemenangan (TPN) pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. 

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera sempat mengungkap kriteria calon yang akan ditunjuk untuk menahkodai tim pemenangan Anies-Cak Imin. 

Menurut Mardani, kriteria ketua TPN dipilih berdasarkan pengalaman memenangkan pertarungan politik. Kemudian, sosoknya diterima oleh ketiga partai pengusung yaitu NasDem, PKB, dan PKS. 

Tak kalah penting, sosok ketua tim pemenangan nantinya harus memiliki kemistri atau kecocokan dengan pasangan Anies-Cak Imin. 

"Kriterianya pasti memang punya pengalaman memenangkan pertarungan, karena pertarungan politik berbeda dengan pertarungan yang lain," kata Mardani pada Jumat (13/10/2023). 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR