Visi Misi Anies-Cak Imin, dari Kepastian Harga Bahan Pokok hingga Pemulihan Kualitas Demokrasi

23 Oktober 2023 18:10 WIB

Narasi TV

Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan (dua kanan depan) dan Muhaimin Iskandar (kanan depan) saat akan menyerahkan syarat pencalonan peserta Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), telah resmi mendaftar ke KPU dan menyerahkan visi misi mereka sebagai salah satu persyaratan dalam proses pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden. 

Pasangan calon dari Koalisi Perubahan tersebut mengusung visi misi dengan bertajuk “Indonesia Adil Makmur untuk Semua”.

Dokumen visi misi Anies-Cak Imin terdiri dari 75 halaman dan memiliki sampul yang menampilkan gambar Anies dan Cak Imin bersama para pendukung.

Logo partai-partai pendukung mereka, yaitu Nasdem, PKB, dan PKS, juga terlihat di halaman depan dokumen tersebut.

Visi misi Anies dan Cak Imin terletak di halaman 13, dengan judul “Indonesia Adil Makmur untuk Semua”. 

Mereka juga memiliki delapan misi utama yang diberi nama “8 Jalan Perubahan”. Berikut adalah misi-misi tersebut:

  1. Memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan harga-harga terjangkau melalui swasembada pangan, ketahanan energi, dan kedaulatan air.
  2. Mengentaskan kemiskinan dengan memperluas peluang usaha, menciptakan lapangan kerja, memastikan upah yang adil, mendorong pertumbuhan ekonomi yang mandiri dan merata, serta mendukung perusahaan-perusahaan Indonesia untuk sukses di dalam negeri dan bersaing di pasar global.
  3. Mewujudkan keadilan lingkungan yang berkelanjutan demi generasi mendatang.
  4. Membangun perkotaan dan pedesaan yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan saling kemajuan.
  5. Mewujudkan warga Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, bermoral, dan berbudaya.
  6. Menciptakan keluarga Indonesia yang sejahtera dan bahagia sebagai akar kekuatan bangsa.
  7. Memperkuat sistem pertahanan dan keamanan negara, serta meningkatkan peran dan kepemimpinan Indonesia dalam kancah politik global untuk menjaga kepentingan nasional dan perdamaian dunia.
  8. Memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum dan hak asasi manusia, memberantas korupsi tanpa pandang bulu, dan menyelenggarakan pemerintahan yang melayani kepentingan rakyat.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan maju dalam pemilihan Presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Pasangan yang diusung oleh kekuatan tiga partai ini, akan bersaing dengan dua pasangan lainnya, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR