Daftar Warisan Genetik Ayah dan Ibu yang Diturunkan ke Anak

25 Jul 2024 13:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi sebuah keluarga kecil. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Setiap anak pasti memiliki warisan genetik dari ayah dan ibu yang memengaruhi ciri fisiknya. Warisan ini biasanya mirip atau serupa dengan orang tuanya. Berikut daftar warisan genetik dari ayah dan ibu kepada anak yang wajib diketahui.

Warisan genetik adalah penggabungan dari materi genetik antara laki-laki dan perempuan. Dalam hal ini, ada dua sifat yaitu dominan (menonjol) dan resesif (kalah/karakteristik ditutupi). Gen dominan biasanya akan ditulis dengan huruf kapital, sementara gen resesif akan ditulis huruf kecil.

Orang tua tidak hanya mewariskan genetik berupa fisik saja kepada anaknya, melainkan juga kemampuan akademik, penyakit, hingga kecenderungan terhadap hal tertentu. Jumlahnya pun sama yaitu 50 persen dari ibu dan 50 persen dari ayah.

Lantas, apa saja genetik yang bisa diturunkan dari ayah dan ibu? Berikut daftar warisan genetiknya.

Daftar warisan genetik dari ayah kepada anak

  • Tinggi badan

Tinggi badan ditentukan 700 variasi genetik yang diwarisi kedua orang tuanya. Namun, gen ayah biasanya penting dalam merangsang pertumbuhan dan tinggi badan anak.

  • Masalah gigi

Ayah juga mewariskan masalah gigi kepada anaknya. Meski gigi ibu memiliki susunan yang bagus, tetapi bukan berarti anak tidak mendapatkan masalah gigi dari ayahnya. Masalah gigi ini mulai dari gigi berlubang hingga kerusakan gigi.

  • Bentuk bibir

Genetik ayah sangat penting dalam pembentukan bibir beserta ukurannya kepada anak sejak lahir.

  • Lesung pipi

Lesung pipi memang terlihat menggemaskan dan memiliki daya tariknya tersendiri. Padahal, lesung pipi adalah bentuk kecacatan yang disebabkan karena otot wajah yang memendek. Adanya lesung pipi ini juga merupakan gen yang turun dari ayah.

  • Masalah jantung

Apabila ayah memiliki riwayat penyakit jantung, maka besar kemungkinan akan menurun pada anaknya. Sebab, ayah memiliki susunan gen yang cukup unik dan dapat mewariskan pada anaknya.

  • Infertilitas

Ayah juga dapat mewarisi kesehatan reproduksi ke anak laki-lakinya. Ayah yang memiliki sperma dalam jumlah rendah juga bisa menularkan masalah ke anak laki-lakinya yang bisa berdampak pada infertilitas. 

Daftar warisan genetik dari ibu kepada anak

  • Pola kebotakan rambut

Gen yang berperan dalam kebotakan rambut terletak pada kromosom X. Biasanya, anak laki-laki akan mewarisi pola kebotakan dari ibunya. Meski begitu, ada faktor lain yang memengaruhi penipisan rambut seperti pola hidup, faktor lingkungan, dan masih banyak lagi.

  • Buta warna

Ketidakmampuan membedakan beberapa warna biasanya diwariskan dari orang tua. Dalam hal ini, ibu yang mewarisi genetik buta warna kepada anak laki-lakinya. Meski begitu, genetik ini tidak akan diwariskan kepada anak perempuan. Sebab anak perempuan memili dua kromosom dari ayahnya.

  • Pola tidur

Genetik ibu memainkan peran besar untuk membentuk pola tidur anak. Hal-hal yang berkaitan dengan pola tidur ini adalah posisi tidur yang kerap berubah, gangguan insomnia, dan sejenisnya.

  • Kecerdasan

Ibu juga menurunkan tingkat kecerdasannya kepada anak. Namun, ada faktor lain yang dapat membentuk kecerdasan anak seperti ketekunan belajar, pendidikan yang terjamin, dan masih banyak lagi.

  • Aktif bicara

Sifat lain yang diwariskan ibu kepada anak adalah keaktifan berbicara. Apabila ibu memiliki sifat ekstrovert, besar kemungkinan anak juga akan memiliki sifat yang sama. Meski begitu, sifat ini dapat berubah tergantung kedekatannya dengan sang ayah.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER