Mengenal Profesi Data Analyst: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Harus Dimiliki

24 Mei 2023 19:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang data analyst tengah rapat. (Sumber: Pexels/fauxels)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Profesi data analyst kini banyak dicari oleh perusahaan. Pasalnya, data analyst dapat memberi arahan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat dan sesuai dengan target pasar. Apa itu data analyst?

Data analyst adalah seseorang yang bertugas meneliti dan menganalisis data menggunakan tools tertentu, serta me-review dan mengidentifikasi informasi tentang konsumen.

Seorang data analyst akan melakukan analisis yang nantinya bisa digunakan oleh perusahaan. 

Data analytics bisa mengidentifikasi dan mengomunikasikan insight berbasis data. Dengan demikian, stakeholder bisa mengambil keputusan berdasar data.

Tugas data analyst

Umumnya tugas seorang data analyst adalah menemukan cara agar data bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah bisnis. Oleh karena itu, data analyst sangat dibutuhkan perusahaan.

Berikut tugas-tugas yang dilakukan seorang data analyst:

  • Kemampuan analisis

    Seorang data analyst harus bisa menganalisis berbagai data untuk diolah kembali menjadi bahan pengambilan keputusan perusahaan.
    Jika proses analisis dirasa cukup, data analyst akan memaparkan hasil analisisnya untuk kemudian disusun menjadi laporan.
  • Kemampuan membaca arah bisnis

    Data analyst harus bisa membaca arah bisnis suatu perusahaan. Sekecil apapun keputusan yang diambil dapat memberi dampak dan perubahan bagi bisnis.
    Perlu ada pemikiran dan tindakan yang tepat berbasis data dan fakta sebelum mengambil keputusan. Di situasi itulah seorang data analyst berperan penting.
  • Dapat menafsirkan data

    Selanjutnya, seorang data analyst harus bisa menafsirkan data dengan rinci dan baik. Perlu pemikiran yang kritis dan inovatif untuk membuat solusi bagi jalannya perusahaan.
  • Kemampuan berkomunikasi yang baik

    Data analyst harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan divisi atau tim lain, khususnya dalam hal pengembangan proyek. Apalagi data yang dihasilkan oleh data analyst akan menjadi rujukan mengembangkan strategi perusahaan.

Skill data analyst

Untuk memenuhi tanggung jawab sebagai seorang data analyst, diperlukan skill untuk menunjang kerja-kerja analisis.

Berikut skill yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh data analyst:

  • Paham bahasa pemrograman SQL

    SQL (Standard Query Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengelolaan dan manajemen data. Sebagai data analyst harus bisa mengoperasikan tools SQL.
  • Paham statistik dan matematika

    Seorang data analyst harus bisa menerapkan konsep statistika dan matematika agar menjadi data yang akurat dan sistematis. Apalagi analisis data ini berkaitan dengan sajian angka.
  • Bisa menggunakan machine learning

    Machine learning atau bahasa pemrograman yang biasa digunakan oleh data analyst adalah Phython, R, JavaScript, dan paradigma OOP (Object Oriented Programming).
  • Bisa memvisualisasikan data

    Skill terakhir adalah bisa memvisualisasikan data yang sudah didapat dalam bentuk grafik. Hal ini bertujuan agar data bisa lebih komunikatif dan mudah dipahami oleh stakeholder.

Bagaimana, tertarik menjadi data analyst?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR