Daun Bidara Bisa Mengobati Sihir dan Mengusir Jin, Benarkah?

24 Nov 2023 18:11 WIB

thumbnail-article

Foto daun bidara. (Sumber: Wikipedia/Wibowo Djatmiko/CC BY-SA 3.0)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Dalam Islam, daun bidara merupakan daun yang istimewa karena disebut dalam Al-Qur’an dan dikenal memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiat yang sering disebut adalah dapat mengobati sihir dan mengusir jin.

Keistimewaan tanaman bidara dalam Islam dapat terlihat ketika tanaman tersebut disebut dalam dua surah berbeda dalam Al-Qur’an, yakni dalam surah Saba' ayat 26 dan surah Al-Waqi’ah ayat 28.

Selain disebut dalam Al-Qur’an, daun bidara juga disebut dalam hadis. Salah satunya adalah ketika Rasulullah saw. menjelaskan penggunaan air yang dicampur daun bidara sebagai alat untuk menyucikan jenazah sebagai berikut:

اغْسِلُوْهُ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ وَكَفِّنُوْهُ فِيْ ثَوْبَيْهِ وَلاَ تُخَمِّرُوْا رَأْسَهُ فَإِنَّ اللهَ يَبْعَثُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مُلَبِّياً

Artinya: "Mandikanlah dirinya dengan air dan daun bidara. Serta kafanilah dengan kedua lembar pakaiannya dan jangan kalian tutup kepalanya. Karena sesungguhnya Allah akan membangkitkannya pada hari Kiamat dalam keadaan bertalbiyah." (HR Muslim).

Keistimewaan daun bidara tak hanya ada dalam ajaran Islam, secara medis daun ini juga dikenal sebagai salah satu tanaman herbal.

Banyak penelitian yang dilakukan untuk menguji khasiat daun bidara dan disebut memiliki manfaat seperti dapat menurunkan kolesterol dan mengontrol gula darah.

Daun bidara bisa mengobati sihir dan mengusir jin?

Menurut pendakwah dan juga seorang dokter, dr Zaidun Akbar, mengungkapkan daun bidara dapat digunakan untuk mengusir jin.

"Buat mengambil faedah dari keberkahan hadis Nabi bahwa bidara itu bisa mengusir jin. Itu bisa Anda pakai juga," ujar dokter Zaidul dalam video yang diunggah di akun Instagram @yukbelajarjsr

Untuk menggunakannya, dr Zaidun Akbar juga menjelaskan tahapan yang dapat dilakukan.

"Ibu-ibu, bapak-bapak, bisa ambil 7 daunnya, lalu Anda ruqyah daun tersebut. Anda tumbuk-tumbuk, campurkan dengan air, mandikan buat ruqyah. Atau diminum juga boleh," jelasnya.

Lebih lanjut dokter yang kerap memberikan kajian tentang kesehatan ini juga turut mengungkapkan dua tanaman lain yang tak kalah berkhasiat, yaitu buah tin dan juga buah zaitun.

"Jadi tiga tadi, tin, zaitun sama bidara. Itu adalah produknya Allah yang amat sangat baik untuk meningkatkan asupan kalium atau kalsium," jelasnya lagi.

Hal yang sama juga dijelaskan oleh Ketua Jam'iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Nahdlatul Ulama Ahmad Marzuki Abda'u.

Ahmad Marzuki Abda'u atau yang akrab disapa Gus Zuda menyampaikan salah satu metode penyembuhan dari makhluk gaib adalah dengan meminum air yang dicampur serbuk daun bidara.

"Karena daun bidara kami yakini bisa menetralisir gangguan gaib”, ungkapnya, dikutip dari NU Online.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER