Debat Capres Visi Misi Prabowo: Beri Susu dan Makan Siang Gratis, Tambah Jumlah Dokter, Hingga Bangun 3 Juta Rumah

4 Februari 2024 19:02 WIB

Narasi TV

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terlihat tampil berbeda dalam balutan jaket yang didominasi warna biru langit dan putih ketika menghadiri debat kelima capres di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. ANTARA/Youtube-KPU RI

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto memaparkan rencana besar yang akan ia lakukan bersama calon wakil presidennya Gibran Rakabuming Raka jika menang dalam Pemilihan Presiden (pilpres) 2024.

Prabowo mengatakan ia akan menjalankan "Strategi Transformasi Bangsa" yang bertujuan meningkatkan kemakmuran bangsa Indonesia dan khususnya memperbaiki kualitas hidup seluruh rakyat.

Salah satu proyek strategis yang diusung adalah upaya memberi makan bergizi kepada seluruh anak-anak Indonesia, termasuk yang masih dalam kandungan ibunya, hingga usia dewasa.

Prabowo menyatakan keyakinannya bahwa langkah ini akan mengatasi angka kematian ibu saat melahirkan, mengurangi kasus gizi buruk pada anak stunting, menghapus kemiskinan ekstrem, dan secara signifikan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekitar satu setengah hingga 2%.

Dalam konteks kesehatan, Prabowo berkomitmen untuk membangun rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota, serta puskesmas modern di setiap desa di seluruh Indonesia.

Upaya ini juga akan diiringi dengan peningkatan jumlah dokter di Indonesia. Prabowo mencatat kekurangan sekitar 140.000 dokter dan merinci rencana untuk membangun 300 fakultas kedokteran, sambil mengirim 10.000 siswa berprestasi untuk belajar di luar negeri.

"Kita akan mengatasi masalah-masalah fundamental dalam memperbaiki kualitas hidup rakyat Indonesia menuju kepada menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia," ujar Prabowo saat menyampaikan visi misi dalam acara Debat Capres di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024).

Program strategis lainnya termasuk pembangunan 3 juta rumah untuk yang belum memiliki tempat tinggal, dengan alokasi satu juta di pedesaan, satu juta di pesisir, dan satu juta di perkotaan. Prabowo juga menyoroti pentingnya meningkatkan gaji guru dan ASN, TNI, Polri, serta penyuluh pertanian di seluruh Indonesia.

"Dengan demikian kita mengatasi masalah-masalah fundamental dalam memperbaiki kualitas hidup rakyat Indonesia menuju kepada menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia," tambah Prabowo.

Menutup pidatonya, Prabowo mengungkapkan keyakinan bahwa rencana mereka bukan hanya tentang pembangunan fisik, melainkan transformasi bangsa di atas landasan ekonomi yang telah dibangun oleh Presiden Joko Widodo dan para pemimpin sebelumnya.

"Kami yakin kami akan melakukan itu dan kami akan mencapai Indonesia emas 2045," tegas Prabowo.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR