Deretan Artis dan Figur Publik Ikut Aksi Bela Palestina di Monas, Ada Siapa Saja?

6 November 2023 14:11 WIB

Narasi TV

Ribuan warga mengikuti aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Aksi bela Palestina telah berlangsung di sejumlah negara di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Pada Minggu (5/11/2023) pagi, sejumlah massa aksi memadati kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, untuk menyerukan dukungan terhadap Palestina. 

Palestina saat ini tengah dihadapkan dengan krisis kemanusiaan menyusul serangan bertubi-tubi yang dilancarkan oleh militer Israel. Akibatnya, ribuan warga Palestina tewas, termasuk anak-anak yang tidak berdosa.

Pada aksi bela Palestina di Monas, para peserta aksi turun ke jalan mengenakan pakaian berwarna hitam dan putih serta membawa atribut yang selaras dengan warna bendera Palestina. 

Selain diikuti oleh masyarakat dan tokoh politik, aksi bela Palestina di Monas juga diramaikan oleh sejumlah artis dan figur publik yang ikut turun ke jalan.

Berikut ini sejumlah artis dan figur publik yang mengikuti aksi bela Palestina di Monas pada hari Minggu, dilansir dari berbagai sumber.

  • Najwa Shihab

Founder Narasi Najwa Shihab bersama Co-Founder Kitabisa Vikra Ijas turut menghadiri aksi bela Palestina di Monas. Dalam aksi tersebut, Najwa dan Kitabisa membagikan 1.000 semangka secara cuma-cuma. 

Buah semangka yang memiliki warna serupa dengan bendera Palestina yaitu merah, hijau, putih, dan hitam merupakan simbol protes dan perlawanan terhadap penjajahan di Palestina. 

  • Kartika Putri

Mengenakan gamis hitam dan jilbab bermotif bendera Palestina, artis Kartika Putri ikut turun ke jalan dan menggaungkan seruan untuk membela Palestina. Kartika Putri tampak membawa poster bertuliskan "Free Palestine".

  • Arie Untung dan Fenita Arie

Tak sendirian, presenter Arie Untung datang ke aksi bela Palestina bersama istrinya Fenita Arie dan anaknya. Pada momen tersebut, Arie mengingatkan bahwa peristiwa yang terjadi di Palestina bukan merupakan konflik antaragama. 

  • Al Ghazali

Putra sulung Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini turut menunjukkan solidaritasnya terhadap rakyat Palestina. Al Ghazali yang datang bersama dua orang temannya membawa poster yang menyerukan kebebasan atas tanah Palestina. 

  • Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca

Sutradara Hanung Bramantyo bersama istrinya Zaskia Adya Mecca serta anggota keluarganya yang lain dengan lantang menyuarakan dukungan terhadap Palestina. Berbalut pakaian serba hitam dan putih, mereka ikut berjalan di kawasan Monas sembari membawa papan bertuliskan dukungan dan protes atas kekejaman yang terjadi pada warga Palestina.

  • Teuku Wisnu

Artis Teuku Wisnu turut menghadiri aksi bela Palestina di Monas dengan mengenakan sorban, masker, dan kacamata hitam. Melalui Instagram pribadinya, ia juga menyampaikan bahwa tidak masalah jika tidak ikut aksi bela Palestina di jalanan, sebab bantuan dan dukungan juga bisa dilakukan melalui materi. 

  • Dinda Hauw

Dinda Hauw bersama suaminya Rey Mbayang dan para sahabatnya seperti Dara Arafah juga ikut turun ke jalan dalam rangka menunjukkan solidaritas terhadap warga Palestina. 

  • Mulan Jameela

Penyanyi dan politisi Mulan Jameela turut hadir dalam aksi bela Palestina. Tak sendiri, Mulan membawa serta putranya sembari mengibarkan bendera Palestina. 

  • Atta dan Thariq Halilintar

Kakak beradik Gen Halilintar, Atta dan Thariq Halilintar, kompak mengikuti aksi bela Palestina dengan mengenakan kaos bergambar buah semangka. Sejumlah artis dan selebgram juga ikut bersama Atta dan Thariq, salah satunya Syifa Hadju. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR