6 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Imlek 2024

6 Feb 2024 10:02 WIB

thumbnail-article

Klenteng Sam Po Kong di Semarang sebagai salah satu destinasi wisata saat liburan Imlek. Sumber: Bobobox.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Libur akhir pekan di awal Februari ini cukup panjang, sayang jika tidak dimanfaatkan untuk bepergian. Libur dan cuti bersama dimulai sejak tanggal 8-12 Februari 2024. Jika masih bingung akan pergi ke mana, berikut rekomendasi destinasi liburan Imlek 2024.

Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili jatuh pada Sabtu (10/2/2024). Warga Tionghoa tentu akan memanfaatkan waktu tersebut untuk berkumpul bersama keluarga. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk berlibur ke suatu tempat.

Tempat wisata berikut ini akan menyuguhkan sesuatu yang menarik dan berkesan bagi pengunjung pada saat Imlek 2024. Kira-kira di mana saja lokasinya? Simak rekomendasinya berikut ini.

Destinasi liburan Imlek 2024

Berikut destinasi liburan Imlek 2024 yang wajib dikunjungi:

  • Sam Poo Kong, Semarang

Klenteng Sam Poo Kong berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Klenteng ini menjadi tempat ibadah sekaligus wisata yang menarik. Klenteng Sam Poo Kong didirikan guna menghormati Laksamana Cheng Ho, tak heran jika arsitektur khas Tionghoa sangat kental di sana.

Pada 7-11 Februari 2024, akan ada Festival Imlek yang diselenggarakan di Sam Poo Kong, Semarang. Pengunjung bisa melihat atraksi barongsai, pertunjukan musik dan tari, serta pameran produk ekonomi kreatif lokal.

  • Petak Sembilan, Jakarta

Kawasan Petak Sembilan ini termasuk kawasan pecinan yang berlokasi di daerah Glodok, Jakarta. Apalagi Glodok dikenal sebagai “Chinatown Jakarta” yang sudah ada sejak lama.

Kamu bisa menikmati wisata kuliner di sekitaran Petak Sembilan. Kulinernya beragam mulai dari Lontong Kari Medan, Bakmi Amoy, hingga Es Kopi Tak Kie. Kamu juga bisa berkunjung ke klenteng-klenteng yang berada di sekitaran Petak Sembilan.

  • Kampung Ketandan, Yogyakarta

Kampung Ketandan adalah kawasan pecinan di Yogyakarta. Biasanya selalu ada acara Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) selama Imlek. Namun, tahun ini acara tersebut harus ditunda dan berpindah lokasi.

Meski begitu, kamu tetap bisa berkunjung ke Kampung Ketandan. Pasalnya, banyak sekali toko dan restoran chinese food yang akan memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung. Apalagi Kampung Ketandan menjadi kawasan pecinan yang cukup bersejarah di Yogyakarta.

  • Klenteng Hong Sang Tang (Sanggar Agung), Surabaya

Klenteng ini berlokasi di Jalan Sukolilo Nomor 100, Kota Surabaya. Yang terkenal dari Klenteng Hong Sang Tang adalah keberadaan Patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter. Uniknya lagi, bangunan klenteng ini juga menggunakan corak bangunan Jawa dengan nuansa Bali di bagian bawahnya.

  • Maha Vihara Adhi Maitreya, Medan

Maha Vihara Adhi Maitreya termasuk vihara terbesar di Indonesia yang dibangun 1991 dan diresmikan pada 21 Agustus 2008. Berbagai fasilitas ibadah Tionghoa tersedia di dalamnya.

Gedung Baktisala Maitreya (ruang bakti puja utama) dalam vihara ini memuat sekitar 2.500 orang. Ada pula Pratima Buddha Maitreya setinggi 6,8 meter yang memberi kesan damai pada siapapun yang berkunjung ke sana.

Selain itu, ada juga Genta Kebahagiaan yang menggantung kokoh setinggi 3,3 meter dengan berat 7 ton. Genta ini termasuk yang terbesar di Kota Medan. Dengan memukul genta ini diyakini mampu membangkitkan aura positif dan kebahagiaan bagi siapapun yang melihatnya.

  • Kuil Pulau Kemaro, Palembang

Kuil ini berlokasi di delta Sungai Musi, Palembang. Selain digunakan untuk beribadah, Kuil Pulau Kemaro juga menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di sini, kamu bisa melihat keindahan kuil sekaligus menikmati pemandangan Sungai Musi.

Itu tadi beberapa rekomendasi destinasi wisata saat Imlek 2024. Apakah kamu tertarik berkunjung ke sana?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER