Kumpulan Doa agar Diberi Umur Panjang Menurut Ajaran Islam yang Sering Disalahpahami

9 Jan 2024 17:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang muslim mengamalkan doa agar diberi umur panjang. (Sumber: Pexels/Michael Burrows)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Dalam Islam terdapat anjuran untuk mengamalkan doa agar diberi umur panjang. Namun, doa tersebut sebenarnya tidak berarti menambah usia yang telah ditetapkan Allah Swt. Lantas apa sebenarnya maksudnya?

Ajaran Islam mengajarkan bahwa kematian merupakan salah satu takdir yang telah ditetapkan oleh Allah Swt., sama halnya dengan kelahiran. 

Manusia tak dapat mengubah kedua takdir tersebut karena menghadirkan kematian dan kehidupan adalah kekuatan yang hanya dimiliki oleh Allah Swt.

Oleh karenanya, doa agar diberi umur panjang bukan berarti doa untuk mengubah suratan takdir kapan seseorang akan menghadapi ajal.

Melansir program acara “Shihab Shihab”, cendekiawan Quraish Shihab menjelaskan bahwa doa meminta memperpanjang ajal bukan berarti mengharap Allah Swt. memperpanjang usia kita–karena itu adalah hak Allah Swt.–melainkan memohon agar usianya di dunia dipenuhi dengan keberkatan hidup.

“Memperpanjang ajal yang dimaksud disitu bukan memperpanjang usia, bukan memperpanjang hari-hari keberadaan di dunia, tetapi memperpanjang dalam arti memperbanyak keberkatannya,” terang Quraish Shihab.

Doa agar diberi umur panjang

Doa berikut ini dapat diamalkan agar usia di dunia dipenuhi keberkahan dari Allah Swt., sebagaimana penjelasan di atas:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma Thowwil ‘Umuurona, Wa Shohhih Ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun.

Artinya: “Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa agar diberi umur panjang yang dibaca pada bulan Rajab

Doa berikut juga dapat diamalkan untuk memohon keberkahan selama usia kita di dunia. Namun doa ini dapat dibaca ketika masuk bulan Rajab:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî Rajaba wa Sya‘bâna wa ballighnâ Ramadhânâ.

Artinya: “Ya Allah, berkatilah kami pada bulan Rajab dan bulan Syakban. Sampaikan kami dengan bulan Ramadan.”

Doa agar diberi umur panjang dan husnulkhatimah

Sementara doa berikut ini, selain memohon diberikan umur yang penuh berkah, juga dilengkapi dengan doa memohon agar diberikan nikat berupa meninggal dalam keadaan husnulkhatimah.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Alloohumma Innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal maut wa rohmatan ‘indal maut wa maghfirotan ba’dal maut.

Artinya: “Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER