Doa agar Meninggal dalam Keadaan Syahid Husnul Khatimah

21 November 2023 08:11 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang muslim berdoa agar meninggal dalam keadaan syahid husnul khatimah. (Sumber: Pexels/Abdullah Ghatasheh)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Setiap muslim pasti menginginkan meninggal dalam keadaan syahid husnul khatimah atau mati dalam keadaan baik agar digolongkan sebagai orang yang masuk surga.

Selain berbuat baik di jalan Allah Swt. salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan untuk meraih husnul khatimah adalah dengan melafalkan doa.

Merujuk laman NU Online, terdapat empat cara yang bisa dilakukan seseorang untuk dapat meraih husnul khatimah menurut Imam Sufyan Al Tsauri.

Pertama, menjaga iman dan ketakwaan agar tetap tertuju Allah Swt. secara istikamah. Kedua, berusaha sungguh-sungguh memperbaiki lahir batin.

Ketiga, senantiasa berdoa kepada Allah agar diwafatkan dalam keadaan iman. Keempat, senantiasa berzikir kepada Allah dalam keadaan apapun.

Doa agar meninggal dalam keadaan syahid husnul khatimah

Doa berikut ini dapat dilafalkan untuk memohon kepada Allah Swt. agar diberikan meninggal dalam keadaan syahid husnul khatimah:

 رَبَّنَاۤ اِنَّنَا سَمِعۡنَا مُنَادِيًا يُّنَادِىۡ لِلۡاِيۡمَانِ اَنۡ اٰمِنُوۡا بِرَبِّكُمۡ فَاٰمَنَّا  ۖرَبَّنَا فَاغۡفِرۡ لَنَا ذُنُوۡبَنَا وَكَفِّرۡ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الۡاَبۡرَار 

رَبَّنَا وَاٰتِنَا مَا وَعَدتَّنَا عَلٰى رُسُلِكَ وَلَا تُخۡزِنَا يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ ؕ اِنَّكَ لَا تُخۡلِفُ الۡمِيۡعَادَ

Rabbanaaa innanaa sami'naa munaadiyai yunaadii lil iimaani an aaminuu bi Rabbikum fa aamannaa; Rabbanaa faghfir lanaa zunuubanaa wa kaffir 'annaa saiyi aatina wa tawaffanaa ma'al abraar.

Rabbanaa wa aatinaa maa wa'attanaa 'alaa Rusulika wa laa tukhzinaa Yawmal Qiyaamah; innaka laa tukhliful mii'aad.

Artinya: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu," maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami beserta orang-orang yang berbakti. Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui rasul-rasul-Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat. Sungguh, Engkau tidak pernah mengingkari janji."

“Mudah-mudahan kita semua senantiasa mendapat hidayah dari Allah SWT, dapat melaksanakan perintah-perintah-Nya dan meninggalkan apa yang menjadi larangan-larangan-Nya. Ketika ajal tiba, kita tetap dalam keadaan iman, Islam dan ihsan sehingga kita memperoleh husnul khatimah. Amin ya Rabbal Alamin.”

Doa agar husnul khatimah versi lainnya

Selain doa di atas, doa berikut ini juga dapat dilafalkan untuk memohon kepada Allah Swt. agar diberikan nikmat berupa meninggal dalam keadaan husnul khatimah:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِيمَهُ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ فِيهِ

Allahummaj'al khaira 'umrii aakhirahu wa khaira amalii khwaatimahu wa kharra ayyamii yauma lawaaika fiih.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku pada penghujungnya dan sebaik-baik amalku (juga) pada penghujungnya dan sebaik-baik hari-hariku adalah dari pertemuan dengan-Mu."

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR