Kumpulan Doa agar Tidak Mudah Pikun dan Kuat Ingatan

9 November 2023 16:11 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pikun dan lemah ingatan. (Sumber: Freepik/storyset)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Lupa menjadi salah satu sifat manusiawi yang dimiliki oleh setiap orang, namun jika hal itu dialami terlalu sering juga kurang baik, oleh karena, Islam mengajarkan umatnya untuk membaca doa agar tidak mudah pikun dan kuat ingatan.

Ingatan sendiri merupakan istilah yang sering ditemukan dalam Al-Qur’an. Dalam beberapa ayat, Allah Swt. memerintahkan dan juga menjelaskan bahwa mengingat Allah Swt. merupakan hal yang wajib dilakukan di setiap kesempatan.

Oleh karenanya, salah satu hal yang perlu diupayakan umat muslim adalah melatih ingatan, agar selalu digunakan untuk mengingat hal-hal yang berhubungan dengan ketakwaan seperti mengingat ibadah, zikir, dan ingat akan Allah Swt.

Selain melatih ingatan, ikhtiar yang dapat dilakukan umat Islam adalah dengan berdoa.

Doa-doa berikut ini dapat dilafalkan untuk memohon kepada Allah Swt. agar diberikan nikmat berupa daya ingat.

Doa agar tidak mudah pikun dan kuat ingatan yang diajarkan Nabi Muhammad saw.

Mengutip dari NU Online, Nabi saw. pernah memberikan doa kepada seorang laki-laki yang berkunjung ke Rasulullah saw. dan mengeluh sering lupa.

Kemudian, Nabi Muhammad saw. mengajarkan untuk membaca doa berikut setiap hari:

 اَللَّهُمَّ اجْعَلْ نَفْسِيْ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ

Allâhumma ij’al nafsî muthmainnatan, tu’minu bi liqâika wa tardlâ bi qadlâika.

Artinya: “Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan.”

Doa agar tidak mudah pikun dalam surah Al-Baqarah ayat 286

Doa berikut ini diambil dari surah Al-Baqarah ayat 286:

 رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Rabbana wala tuhammilna maa laa thaaqata lanaa bihii, wa'fu 'annaa waghfirlanaa warhamnaa. Anta maulaanaa fanshurnaa 'alal qaumil kaafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.”

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Doa agar tidak mudah pikun dan kuat ingatan lainnya

Selain dua doa di atas, umat muslim juga dapat melafalkan doa berikut ini untuk memohon diberi nikmat tidak mudah pikun dan kuat ingatan:

يَا قَيُّوْم فَلَا يَفُوُتُ شَيْءٌ مِنْ عِلْمِهِ وَلَايَئُودُهُ

Yaa 'allaamal ghuyub falaa syaiun yafuutuhu min 'ilmihii min 'ilmihi wala yauduhu.

Artinya: "Wahai dzat yang Maha Mengetahui segala yang ghaib, maka tiada sesuatupun yang luput dari pengetahuan-Nya dan semuanya itu tidak menyusahkanNya."

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR