Doa agar Otak Cerdas dan Kuat Hafalan Lengkap Arab, Latin, serta Terjemahannya

10 Jul 2024 08:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi otak yang cerdas dengan kemampuan menghapal yang kuat. (Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Memiliki otak yang cerdas dan kemampuan menghafal yang kuat merupakan hal yang didambakan banyak orang. Dengan dua kemampuan tersebut, orang cenderung lebih mudah untuk belajar.

Akan tetapi, untuk mencapai kedua hal tersebut diperlukan sebuah proses yang tak mudah. Untuk mendapat kecerdasan, misalnya, perlu dukungan bawaan sejak sebelum dilahirkan, seperti pemenuhan gizi kesehatan bayi dalam kandungan.

Sementara kemampuan menghafal dengan kuat juga perlu dilatih secara terus menerus untuk mendapatkannya.

Selain ikhtiar yang bersifat fisik di atas, Islam juga mengajarkan umatnya untuk berikhtiar melalui doa, memohon kepada Allah Swt. agar diberikan berkah berupa otak yang cerdas dan kemampuan hafalan yang kuat.

Mengutip dari laman NU Online, terdapat doa untuk memohon diberikannya otak yang cerdas dan kemampuan menghafal yang kuat.

Doa berikut ini dikutip dari kitab Perukunan Melayu Besar, yang sebagian isinya diambil dari karya Syekh Muhammad Arsyad Banjar.

Doa agar otak cerdas dan kuat hafalan

فَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Fafahhamnā Sulaimāna, wa kullan ātaynā hukman wa ‘ilman, wa sakhkharnā ma‘a Dāwūdal jibāla yusabbihna wat thayra, wa kunnā fā‘ilīn. Yā hayyu, yā qayyūmu, yā rabba Mūsā wa Hārūn, wa rabba Ibrāhīm, way ā rabba Muhammadin shallallāhu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘īn. Allāhummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, yā arhamar rāhimīn. 

Artinya: Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Daud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai Zat yang hidup, wahai Zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad saw. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai Zat yang maha pengasih. (Lihat Perukunan Melayu Besar, [Jakarta, Alaydrus: tanpa catatan tahun], halaman 99)

Doa agar otak cerdas dan kuat hafalan lainnya

 رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma.

Artinya: "Aku ridha Allah Swt. sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad saw. sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik."

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER